Salin Artikel

Distrik Wandae Intan Jaya Papua hingga Kini Belum Gelar Pemilu

JAYAPURA, KOMPAS.com - Hingga kini, Distrik Wandae, Kabupaten Intan Jaya, Papua belum menggelar pemilu karena permasalahan logistik yang sempat dirusak oleh oknum calon anggota legislatif.

Hal ini dipastikan oleh anggota Komisioner Bawaslu Papua Ronald Michael Manoach yang kini berada di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

"Yang belum sama sekali dilaksanakan Wandae, sekarang kita tunggu KPU Provinsi Papua datang untuk dibicarakan teknis pelaksanaannya," ujarnya melalui sambungan telepon, Selasa (23/4/2019).

Menurut dia, hingga kini Bawaslu masih menunggu bukti bahwa logistik yang sempat dirusak oleh oknum caleg masih dapat digunakan.

Bawaslu menginginkan, walau menggunakan sistem noken, namun semua unsur yang diatur Juknis KPU RI 810 diterapkan dengan baik, termasuk juga kondisi logistik yang digunakan untuk melakukan pemungutan suara.

"Informasinya form C1 masih bisa dipakai, tapi kita belum lihat logistik tersebut dan intinya Wandae belum melaksanakan Pemilu. PPD dan Panwas Distrik Wandae ada di Sugapa, masalah logistik ini yang mendasari belum dilaksanakannya pemilu di Wandae," katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Papua Theodorus Kossay sempat mengklaim bahwa pelaksanaan pemilu di Distrik Wandae sudah dilaksanakan karena logistiknya masih dapat digunakan.

"Logistik rusak itu tidak benar dan itu masih bisa digunakan," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2019/04/23/15394231/distrik-wandae-intan-jaya-papua-hingga-kini-belum-gelar-pemilu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke