Salin Artikel

1.191 TPS di Papua Mulai Lakukan Pemilu Susulan

JAYAPURA, KOMPAS.com - Setelah sempat tertunda akibat masalah logistik, 1.191 TPS di Provinsi Papua mulai menggelar Pemilu susulan Kamis (18/4/2019) pagi.

Ketua KPU Papua Theodorus Kossay ketika dikonfirmasi melalui telepon mengatakan, 1.191 TPS tersebut tersebar di 20 distrik yang ada di 7 kabupaten/kota.

"Ya rencananya begitu, semuanya hari ini Pemilu susulan kecuali Keerom yang masih harus menunggu pencetakan ulang surat suara DPRD," ujar Theodorus, Kamis.

Kota Jayapura, terang dia, menjadi daerah yang jumlah TPS-nya paling banyak menggelar Pemilu susulan, yakni sebanyak 702 TPS.

Seperti yang terpantau di TPS 039 Kelurahan Vim, Distrik Abepura, logistik Pemilu sudah tiba sekitar pukul 06.40 WIT dan Petugas KPPS setempat beserta para saksi dari Bawaslu dan partai mulai melakukan perhitungan surat suara.

Salah satu petugas KPPS 039 pun tampak aktif berkeliling kompleks untuk mengumumkan kepada warga setempat bahwa Pemilu dapat segera dimulai.

Ketua KPPS 039 Johanes Tapalawene menyebut, jumlah surat suara yang tiba berjumlah 209 dari DPT 205 orang.

Sementara, di TPS 057 Kelurahan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, hingga pukul 08.13 WIT, petugas KPPS setempat baru hendak menghitung jumlah surat suara yang baru datang beberapa menit sebelumnya.

Di TPS ini, cukup banyak masyarakat yang sudah datang dan ingin segera menyalurkan suaranya.

Hal serupa juga tampak di TPS 18 Kelurahan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, yang hingga pukul 08.17 WIT petugas KPPS-nya masih melakukan perhitungan surat suara.

7 kabupaten/Kota yang akan menggelar Pemilu Susulan adalah, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom, Intan Jaya, Tolikara, Yahukimo dan Jayawijaya.

https://regional.kompas.com/read/2019/04/18/07100331/1191-tps-di-papua-mulai-lakukan-pemilu-susulan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke