Salin Artikel

RSJ di Makassar Siap Tampung Caleg Gagal yang Depresi

Plt Direktur RSKD Dadi Arman Bausat menyebut ruangan itu ditujukan untuk orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan termasuk para calon anggota legislatif yang mengalami depresi dan stres bila gagal terpilih.

"Kami sudah kasih tahu teman-teman semua, kalau rangka pileg begini, wajarlah ada orang yang mungkin mengalami depresi," kata Arman saat ditemui Kompas.com di kantornya, Senin (16/4/2019).

Kamar VIP untuk pasien jiwa, kata Arman, seperti kamar VIP yang lain yang berisi satu buah tempat tidur dilengkapi dengan AC dan kamar mandi. Namun, kamar tersebut tidak berisi benda-benda tumpul yang dapat digunakan pasien melukai dirinya termasuk televisi.

Sedangkan untuk kamar I, bisa diisi dua pasien dengan tetap dipantau oleh petugas rumah sakit. Untuk para caleg gagal yang mengalami depresi ringan usai pemilu, RSKD Dadi juga menyiapkan kamar VIP pasien non jiwa. Ada delapan kamar yang disiapkan untuk para caleg yang mengalami stres.

"Ada juga gangguan jiwa yang ringan kami siapkan VIP yang bagus. Itu kan caleg pada umumnya begitu nanti. Mungkin karena habis uangnya jadi bicaranya sembarangan atau hanya termenung jadi kami siapkan VIP non jiwa," imbuhnya.

Arman mengatakan, tingkatan stres yang dialami para caleg tetap akan diperiksa oleh ahli jiwa. Ahli jiwa ini yang nantinya akan menentukan kamar mana yang akan ditempati oleh pasien.

"Jadi dokter ahli jiwa yang mengatakan oh ini layak di kamar ini, ini layak di vip," pungkasnya.

Harga per malam untuk kamar VIP yang dipersiapkan untuk para caleg ini bekisar Rp 785 ribu per malam. Sementara untuk kelas I ada Rp 300 ribu per malam sesuai Perda yang ada.

RSKD Dadi yang beralamat di Jalan Lanto Daeng Pasewang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan juga telah membuka pelayanan untuk pasien non jiwa.

https://regional.kompas.com/read/2019/04/16/12273971/rsj-di-makassar-siap-tampung-caleg-gagal-yang-depresi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke