Salin Artikel

Isi Kekosongan, Kemenristekdikti Tunjuk Rina Indiastuti sebagai Plt Rektor Unpad

SUMEDANG, KOMPAS.com – Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menunjuk Rina Indiastuti sebagai Plt Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad).

Rina akan menggantikan tugas Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad yang habis masa jabatannya pada 13 April 2019. Sedangkan pemilihan rektor definitif belum selesai.

Dalam serah terima jabatan di Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Sumedang, Rina mengatakan, dalam aturannya, harus ada pemimpin perguruan tinggi.

“Jadi, ketika habis masa tugas, Pak Menteri memerintah (untuk mengisi kekosongan). Bukan (untuk) memimpin, tapi menjamin kegiatan tridarma perguruan tinggi tetap berjalan,” ujar Rina dalam sambutannya, Selasa (16/4/2019).

Selama masa jabatannya 6 bulan ke depan, Rina berharap, tim Unpad tetap solid dalam mengejar tekadnya masuk 500 besar dunia di 2020.

Ia pun meminta bantuan rektor sebelumnya untuk bersama-sama saling mendukung agar Unpad semakin baik.

“Tadi pagi, kami sudah deal, beliau (Tri) akan mendukung saya,” ucapnya.

Mengenai pemilihan rektor akan ditangani MWA. Jika mendengar ucapan MWA, maka proses pemilihan rektor segera dilaksanakan.

Sementara itu, Rektor Tri Hanggono Achmad mengatakan, Indonesia dan dunia, ke depan akan menghadapi tantangan yang luar biasa.

Jika melihat konteks transformasi global dalam sinergi kerangka SDG’s, maka perguruan tinggi harus bersinergi dengan antar kampus, masyarakat, dan stake holder yang ada.

Apalagi jika melihat perkembangan yang ada, perguruan tinggi tidak lagi mendominasi lahirnya inovasi.

Ketika ditanya apa yang akan dilakukan setelah tidak menjabat rektor, Tri menjawab, kembali mengajar.

“Kekuatan perguruan tinggi ada pada human capital. Kepemimpinan akademik ada pada profesor. Yang melahirkan profesor ya profesor.

https://regional.kompas.com/read/2019/04/16/11303191/isi-kekosongan-kemenristekdikti-tunjuk-rina-indiastuti-sebagai-plt-rektor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke