Salin Artikel

Solo Raya Rawan Gesekan di Pemilu 2019, Ini Sebabnya...

Dari empat daerah yang dipetakan rawan, wilayah Solo Raya yang paling diwaspadai.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jawa Tengah, Ibnu Kuncoro menjelaskan, wilayah Solo Raya menjadi yang paling diwaspadai.

Hal itu karena masyarakat yang bermukim di Solo Raya dinilai mudah tersulut provokasi.

"Solo ini akan ditambahkan pengawasan dari kepolisian Jakarta untuk menjaga betul agar jangan sampai terjadi. Karena Solo itu sumbu pendeknya Jawa Tengah, gampang terpancing," ujar Ibnu, seusai dialog di Semarang, Kamis (11/4/2019).

Selain wilayah Solo Raya, wilayah lain yang dinilai rawan saat pemilu yaitu Banyumas, Pekalongan, dan Pati. Wilayah Semarang juga masuk, namun porsinya kecil.

Ibnu menambahkan, wilayah yang rawan konflik itu dipetakan berdasar kajian di lapangan.

Empat wilayah tersebut memiliki indeks kerawanan pemilu yang cukup tinggi lantaran kondisi masyarakat mudah terjadi gesekan.

"Itu pemetaan dari teman-teman kami di lapangan, sehingga daerah itu akan diberikan porsi pengawasan lebih," tambahnya.

Selain memetakan wilayah rawan gesekan, pihaknya juga perlu mewaspadai perang di media sosial. Perang di medsos saat ini cenderung bernuansa memecah belah serta saling menghina satu dengan yang lain hanya untuk memperoleh suara.

"Di medsos jadi awan hitam, karena disana saling hina dan saling menjatuhkan untuk memperoleh suara. Kita jaga agar jangan diteruskan sampai ke dunia nyata. Kalau itu sampai terjadi, maka akan terjadi benturan luar biasa," tambahnya.

Untuk meredam situasi, pemerintah akan terus bekerjasama dari berbagai pihak untuk bersama-sama menjaga pelaksanaan pemilu agar dapat berjalan lancar. 

https://regional.kompas.com/read/2019/04/11/21084761/solo-raya-rawan-gesekan-di-pemilu-2019-ini-sebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke