Salin Artikel

Terduga Pelaku Penipuan KKL Mahasiswa Unsoed ke Thailand Diserahkan ke Polisi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Puluhan mahasiswa dan dosen Hubungan Internasional Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, menyerahkan terduga pelaku penipuan berinisial APN (24) kepada polisi.

Ketua Jurusan Hubungan Internasional Unsoed Muhammad Yamin menceritakan, setelah gagal terbang ke Thailand, Senin (8/4/2019) pagi. Pihaknya langsung berusaha mencari keberadaan terduga pelaku yang mengaku sebagai Direktur biro perjalanan di Jakarta.

“Saya berhasil menghubungi rekan pelaku yang sudah resign katanya. Rekan pelaku saya temui di Jakarta dan memaksa rekan ini untuk menunjukkan keberadaan pelaku. Dan akhirnya menemukan pelaku di salah satu hotel di Jakarta,” katanya di Purwokerto, Rabu (10/4/2019).

Selanjutnya, terduga pelaku dibawa ke Polres Banyumas, untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

“Kami koordinasi dengan Polres Banyumas, minta pertimbangan hukum, mengenai lokus kasus ini di mana, menurut Polres di Purwokerto, maka harus dibawa ke sini. Pelaku sudah tidak bisa ke mana-mana lagi, kami persuasif datang ke sini,” ujar Yamin.

Dia mengatakan saat ditemui di Jakarta, terduga pelaku tidak dapat memberikan jawaban secara jelas.

“Alasan pelaku mungkin bisa ditanyakan ke penyidik, kalau ditanya saya jawabannya ngeracau, nggak jelas, beda-beda. Ada alasan cash flow, uangnya dipakai yang lain dan sebagainya,” kata Yamin.

https://regional.kompas.com/read/2019/04/10/19262801/terduga-pelaku-penipuan-kkl-mahasiswa-unsoed-ke-thailand-diserahkan-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke