Salin Artikel

Bendera Bulan Bintang Warnai Kampanye Akbar Partai Aceh

ACEH UTARA, KOMPAS.com - Kampanye akbar Partai Aceh di Lapangan Hiraq, Kota Lhokseumawe, Minggu (7/4/2019) sore diwarnai dengan adanya bendera Bulan Bintang.

Bendera itu dibawa oleh massa pendukung partai tersebut, bahkan sempat dikibarkan di salah satu tiang yang berada di lokasi kampanye.

Tak lama kemudian, bendera berukuran besar tersebut diturunkan.

Sekretaris Komite Pemenangan Partai Aceh (KPPA) Lhokseumawe, Halim Abe menyebutkan pengibaran bendera Bulan Bintang itu keinginan masyarakat.

"Yang terjadi hari ini itu tidak direncanakan, tidak di-setting. Masyarakat Aceh sangat menginginkan bendara Bulan Bintang itu berkibar di Aceh,” sebut Halim.

Dia bahkan menyebutkan tidak mengetahui darimana masyarakat mendapatkan bendera tersebut.

“Kami juga tidak tahu siapa tadi yang menaikan bendera itu, ini murni keinginan rakyat dan bukti kecintaan dengan Bendera Bulan Bintang,” terangnya.

Dia berharap pemerintah pusat segera merealisasikan pengibaran bendera Bulan Bintang di Aceh.

Apalagi, peraturan daerah tentang bendera, lambing dan hymne Aceh telah disahkan oleh DPR Aceh beberapa tahun lalu.

Kepala Bagian Operasi Polres Lhokseumawe Kompol Adi Sofyan mengatakan pihaknya meminta agar bendera itu diturunkan dan jangan pernah dinaikkan kembali.

"Kejadian itu secara mendadak, jadi kami langsung mencegat dan meminta jangan pernah menaikkan lagi," katanya.

Adi menghimbau kepada pihak Partai Aceh, jika nantinya dilaksanakan, kegiatan tersebut jangan pernah menaikkan bendera Bulan Bintang.

"Di saat pihak Partai Aceh meminta izin akan ada digelar kampanye, kami meminta jangan ada yang membawa bendera bulan bintang, supaya kampanye berjalan aman dan tertib," jelasnya.

Di lokasi, terlihat beberapa lembar bendera Bulan Bintang juga dibawa massa. Sebagian massa bahkan berfoto dengan latar bendera tersebut.

Pemerintah Indonesia hingga kini belum menentukan sikap akan pengesahan peraturan daerah tentang lagu, bendera dan hymne Aceh tersebut.

Kementerian Dalam Negeri RI berkali-kali meminta tidak dikibarkan bendera tersebut sampai ada keputusan tetap dari pemerintah pusat.

Bendera itu dilarang karena mirip dengan bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

https://regional.kompas.com/read/2019/04/08/09092841/bendera-bulan-bintang-warnai-kampanye-akbar-partai-aceh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke