Salin Artikel

Tangkal Banjir Bandung, Ini Program yang Disiapkan Ridwan Kamil

Rencana itu, kata Ridwan, merupakan bagian dari program Citarum Harum yang berfokus memperbaiki sistem manajemen resapan air di Kawasan Bandung Utara.

"Dengan satgas Citarum itu salah satunya yang akan kita perbaiki salah satunya koordinasi sumber manajemen air di Bandung Utara. Kami juga sedang siapkan kalau waktunya ada yaitu program recovery Bandung Utara itu sedang kami siapkan dengan stakeholder," ujar Emil, sapaan akrabnya di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kamis (4/4/2019).

Dengan program itu, ia bakal mengumpulkan para kepala daerah di Bandung Raya untuk sama-sama mencari solusi soal banjir musiman tersebut.

Pola pentahelix yang diterapkan di Citarum juga akan dipakai untuk penanganan wilayah Bandung Utara.

"Minimal dengan koordinasi antarkepala daerah, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat pencegahan sumber air ke cekungan Bandung bisa ter-manage secara ekologis," tuturnya.

Salah satu langkah paling dekat yakni menanam pohon yang punya nilai ekonomi di zona kritis di Kawasan Bandung Utara.

"Sedang kaji mana zona perkebunan yang dianggap tidak bisa menahan air terlalu lama, karena itu terbukti berhasil di Citarum. Pola Citarum yang mengonversi kentang ke kopi sehingga ekonominya tetap berjalan kita akan terapkan juga di Bandung utara," jelasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2019/04/04/13575121/tangkal-banjir-bandung-ini-program-yang-disiapkan-ridwan-kamil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke