Salin Artikel

Polisi Mediasi Dugaan Order Fiktif Puluhan Kali di Pangkal Pinang

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Kepolisian menggelar mediasi terkait dugaan kasus orderan fiktif yang mencuat di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Respons diberikan pihak kepolisian setelah sebelumnya sejumlah driver ojek online Grab, mempersoalkan orderan puluhan kali yang diterima salah satu rekan mereka.

"Memang ada mereka datang. Dugaannya order fiktif sampai pencucian uang. Setelah dimediasi, tidak ada yang salah," kata Kasubnit Reskrim Mapolsek Tamansari, Ipda Nikko Panderi, kepada Kompas.com, di ruang kerjanya, Jumat (29/3/2019).

Menurut Nikko, persoalan bermula ketika sejumlah pengendara ojek online menduga adanya unsur fiktif dari orderan yang dilakukan konsumen.

Orderan tersebut mencapai 10 sampai 15 kali dalam sepekan yang jika diakumulasi berjumlah puluhan kali.

Kecurigaan muncul lantaran orderan diberikan konsumen yang sama dengan lokasi pembelian yang sama.

"Belanjanya seperti mie gelas, tapi selalu dibayar. Konsumen mengaku membeli berulang karena memanfaatkan promo," ujar Nikko.

Nikko memastikan, tidak ada penahanan meskipun konsumen yang dicurigai sempat dipanggil. Namun, sejumlah driver ojek online mengaku kurang puas.

Sebab, salah satu rekan mereka diberhentikan setelah aplikasi melacak orderan yang sama dengan orang yang sama secara berulang.

"Kalau kami melihat tidak ada unsur penipuan antara konsumen dengan drivernya. Hanya aplikasi mereka sepertinya tidak membolehkan berulang-ulang," sebut Nikko.

Setelah mediasi dilakukan, persoalan akhirnya berujung damai. Para ojek online pun tidak melanjutkan niat mereka untuk membuat laporan polisi.

Beberapa hari sebelumnya, sejumlah driver ojek online tersebut bertolak dari Mapolsek Tamansari menuju Unit Cybercrime Mapolda Babel guna mengadukan persoalan mereka.

Mereka mengaku, telah mengamankan seorang konsumen yang diduga melakukan orderan fiktif.

"Kami mau minta kejelasan. Apakah ini ada kasus hukumnya," kata Budi, salah satu driver ojek online di Mapolda Babel.

https://regional.kompas.com/read/2019/03/29/12315721/polisi-mediasi-dugaan-order-fiktif-puluhan-kali-di-pangkal-pinang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke