Salin Artikel

Sandiaga: Mohon Kebijakan Impor Beras saat Panen Disetop

Saat tiba di Kota Makassar, Sandiaga bercerita mengenai pertemuannya dengan pengusaha muda penghasil beras di daerah tersebut.

Sandi mengaku kagum dengan Sidrap sebagai salah satu daerah yang selalu surplus beras. Namun, ia mengkritik kebijakan pemerintah yang belum menyetop kebijakan impor beras yang menurutnya merugikan petani.

"Mohon kebijakan impor (beras) saat panen itu disetop. Pilar swasembada pangan dari Prabowo-Sandi itu akan memastikan impor saat panen itu disetop sehingga harga gabah tidak akan mentok," kata Sandi saat berada di salah satu rumah makan di Makassar, Kamis (28/3/2019) malam.

Sandi juga mengatakan, dengan pemerintahan bersih, maka distribusi pupuk akan lebih efisien dan lancar. Menurutnya, saat ini distribusi pupuk masih buruk dengan adanya tindak pidana korupsi, terutama dalam hal pengadaan pupuk.

Sandi juga mengatakan, demi meningkatkan kesejahteraan petani, persediaan vitamin dan benih akan lebih terjangkau dengan harga yang murah.

"Sidrap masih perlu dibantu dari segi irigasinya, persediaan air. Jika diberi amanah bersama Prabowo-Sandi, kita akan fokus di infrastruktur petani yang bisa kita kerjasamakan dengan pihak swasta dan pelaku usaha," imbuhnya.

Sandi berkomitmen akan menghentikan kebijakan impor beras jika ia dan pasangannya, Prabowo, terpilih. Menurutnya, ini adalah diferensiasi mutlak antara pasangan nomor urut 01 dan nomor urut 02.

"Prabowo-Sandi fokus untuk kesejahteraan petani, menstabilkan harga bahan pokok dan memastikan harga panen itu tidak anjlok," katanya.

Sebelumnya saat di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sandiaga Uno menemui Rahman dan saudaranya, pengusaha beras dengan produksi 250 ton per hari di sawah seluas 300 hektar.

"Herman adalah pengusaha muda, milenial, bersama Cahyadi, adiknya dan abangnya, mengelola hasil pertanian. Dan, sangat menghasilkan dengan memperkerjakan ratusan orang. Ini belum termasuk dengan banyak orang lainnya yang terlibat dalam rantai distribusi," kata Sandi.

https://regional.kompas.com/read/2019/03/28/21265161/sandiaga-mohon-kebijakan-impor-beras-saat-panen-disetop

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke