Salin Artikel

Copot Baju dan Baret, Relawan Prabowo-Sandi Beralih Dukung Jokowi

Dalam sebuah acara deklarasi, mereka membuka baju safari putih dan baret merah relawan Prabowo–Sandi dan menggantikannya dengan kaos Jokowi-Ma'ruf.

“Betul ada yang beralih dukungan, tapi jumlahnya hanya sekitar 15 orang dan itu berasal dari Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya,” kata Ketua Harian MPD Gerakan Relawan Pandu Garuda (GRPG) Syawali Risyad kepada Kompas.com saat dikonfirmasi, Selasa (26/3/2019).

Syawali menyebutkan, beralihnya sekitar 15 orang anggota GRPG untuk relawan pemenangan Prabowo–Sandi kepada pasangan Jokowi–Ma'ruf Amin diduga karena pihaknya selama ini tidak dapat memenuhi permintaan logistik kampanye sesuai dengan permintaan meraka.

“Yang membelot itu saya kenal semua, sebelumnya mereka sering datang ke Banda Aceh minta uang, logistik dan berbagai kebutuhan kampanye dari dari saya, tapi kan tidak sanggup saya penuhi, karena memang relawan Prabowo-Sandi tidak ada uang. Dukungan kami murni dari hati nurani bukan karena ada uang,” sebutnya.

Satelah sejumlah pengurus dan anggota GRPG dari Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya resmi mendeklarasikan diri beralih dukungan, Syawali menyebutkan, ia langsung menggantikan mereka dengan pengurus yang baru.

“Sekarang ketua dan pengurus GRPG di Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya sudah kami ganti. Bahkan setelah 15 orang anggota membelot sekarang ada 1.500 relawan lain yang bergabung,” katanya.

Syawali menyebutkan, meski ada segelintir anggota yang membelot dukungan politik dalam pilpres mendatang, namun GRPG Aceh hingga saat ini masih tetap solid, tanpa terjadi perpecahan di internal pengurus.

“GRPG Aceh masih solid memperjuangkan pemenangan untuk pasangan Prabowo-Sandi. Ada yang beralih dukungan di saat mendekati hari pencoblosan itu biasa, dan itu juga menjadi bukti, mana relawan yang bekerja iklas dan mana yang ingin mendapatkan,” ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Komunitas Aceh Jokowi-Amin Kuat (Kajak) Abu Chaidir yang membacakan langsung deklarasi dukungan anggota GRPG dari 5 kabupaten/kota di Aceh pada Sabtu (23/3/2019) menyatakan ada 400 lebih anggota GRPG yang hadir. Acara berlangsung di sebuah hotel di Banda Aceh.

“Ada 400 anggota GRPG yang beralih dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf. Mereka berasal dari lima kabupaten/kota,” sebut Chaidir saat dihubungi Kompas,com, Selasa (26/3/2019) malam.

Khaidir merinci, 400 anggota dan ketua GRPG yang beralih dukungan dari relawan pemenangan Prabowo-Sandi ke pasangan Jokowi-Ma’ruf itu berasal dari Kabupaten Pidie, Lhokseumawe, Bireun, Langsa, dan Tamiang.

“Para ketua dan sekretaris jumlahnya ada 15 orang dari lima kabupaten, sementara anggota 400 orang lebih yang hadir saat melakukan deklarasi. Mereka sekarang bekerja untuk pemenangan pasangan Jokowi-Ma’ruf bersama Kajak,” sebutnya.

Khaidir menyebutkan, beralihnya dukungan para relawan pemenangan Prabowo-Sandi kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf itu murni atas kesadaran mereka sendiri dan tak ada paksaan dari pihak manapun.

“Kami tidak pernah membujuk mereka untuk beralih dukungan bersama kami, itu murni atas pilihan dan kesadaran dari mereka. Sekarang anggota GPRG yang sudah bersama Kajak kami sambut dengan baik, kami lindungi, dan kami dukung kerja-kerja mereka untuk pemenangan Jokowi-Ma’ruf,” katanya.

https://regional.kompas.com/read/2019/03/27/07000051/copot-baju-dan-baret-relawan-prabowo-sandi-beralih-dukung-jokowi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke