Salin Artikel

Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Kalah di Jabar, Ini Kata Ridwan Kamil

Sesuai hasil survei terbaru yang dirilis Rabu (20/3/2019), elektabilitas pasangan Prabowo-Sandi di Jawa Barat (Jabar) dan Banten mencapai 47,7 persen, unggul dari pesaingnya Jokowi-Ma’ruf yang hanya 42,1 persen.

Menanggapi hal Itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menilai, naik turunnya elektabilitas merupakan hal lumrah dalam pemilu. Hasil survei, kata Emil, tak bisa jadi acuan mutlak.

"Survei mah tidak pernah sama. Saya (waktu Pilgub 2018) juga (dalam survei) kalah oleh 2D (Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi). Jadi, biasa saja," ujar Emil, sapaan akrabnya saat ditemui di Gedung Pakuan, Bandung, Jabar, Kamis (21/3/2019) malam.

Emil enggan berkomentar lebih jauh soal pemetaan suara Pilpres 2019 di Jabar. Ia hanya ingin memastikan proses pemilu di Jabar berjalan lancar dan kondusif.

"Saya enggak bisa jawab, tapi lebih pada kondisi memastikan dinamika pemilu itu tiap saat fluktuatif. Tidak bisa masa lalu dijadikan referensi," tuturnya.

Emil menambahkan, kampanye bermodal sosialisasi capaian positif program pemerintah juga tak bisa diklaim sepihak. Sebab, pembangunan melibatkan banyak instrumen dalam pemerintahan.

Emil berharap adanya kemajuan pembangunan di tiap daerah jadi penilaian obyektif dalam menentukan pilihan pemimpin.

"Intinya masyarakat melihat kemajuan, mungkin masih ada kekurangan enggak masalah. Mudah-mudahan obyektif melihat itu sebagai indikator menentukan pilihan," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2019/03/22/08030241/elektabilitas-jokowi-maruf-kalah-di-jabar-ini-kata-ridwan-kamil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke