Salin Artikel

Menkominfo Pastikan Pemilihan Rektor Unpad Digelar Maret 2019

BANDUNG, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memastikan pemilihan Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) bakal digelar Maret 2019. Hal itu dikatakan Rudiantara saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Jumat (22/2/2019).

"Pemilihannya antara 15 sampai dengan akhir Maret," ujar Rudiantara.

Sebelumnya proses pemilihan Rektor Unpad sempat berlarut-larut sejak 27 Oktober 2018 lalu dengan beragam polemik.

Adapun tiga calon Rektor Unpad yakni Aldrin Herwany (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Atip Latipulhayat (Fakultas Hukum), dan Obsatar Sinaga (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

Rudiantara menyatakan, pemilihan rektor yang tak sesuai jadwal disebabkan Majelis Wali Amanat (MWA) ingin mengedepankan prinsip good governance yang transparan dan adil.

Oleh karena itu itu, MWA membuka masukan dari semua elemen terhadap ketiga calon. Termasuk membentuk whistleblowing system sesuai rekomendasi dari ombudsman.

"Nah kemudian tanggal 31 Januari sampai 8 Februari kami iklankan terhadap tiga calon. Ada masukan, aduan, biar semua terbuka," ujarnya.

Hasil masukan itu, kata Rudiantara, akan jadi pertimbangan dalam menentukan kelangsungan proses pemilihan terhadap tiga calon rektor.

"Nah tadi kami bahas, hasilnya itu nanti akan jadi pertimbangan pada saat pemilihan rektor kan sekarang belum pemilihan, baru calon saja. Nanti dari yang tiga kita pilih. Masukan yang sampai 8 Februari kemarin jadi pertimbangan terhadap yang dipilih," paparnya.

Rudiantara menambahkan, hingga saat ini calon rektor Unpad masih memiliki tiga kandidat.

Namun, ia tak menampik ada potensi perubahan jumlah calon atau masuknya nama baru bergantung hasil rapat yang membahas masukan masyarakat.

"Ini kita menunggu seminggu lagi. Ada proses yang berkaitan dengan masalah legitimasi kesertaan dari calon rektor. Sampai saat ini iya (tiga calon) nanti kita rapat lagi. Tapi jadwalnya sudah dipatok. Tapi masukan yang kemarin dari Ombudsman, masyarakat yang terbuka itu menjadi konsiderasi pertimbangan MWA dalam memilih. Minggu depan akan ditetapkan pemilihannya tanggal 15 atau akhir Maret," jelasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2019/02/22/15245321/menkominfo-pastikan-pemilihan-rektor-unpad-digelar-maret-2019

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke