Salin Artikel

Pemilu 2019, TPS di Magetan Dipastikan Ramah Disabilitas

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Magetan Nur Salam mengatakan, seluruh TPS yang akan digunakan dalam Pemilu 2019 di Magetan, dipastikan ramah disabilitas.

“Selain akses masuk yang difasilitasi tidak boleh terlalu tinggi, ada jalur khusus untuk teman-teman disabilitas. Tata bilik itu juga tidak boleh terlalu mepet dengan tembok belakang, agar disabilitas yang menggunakan kursi roda leluasa menggunakan hak pilihnya dibilik, sampai akses keluar,” ujar Nur Salam, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (20/2/2019).

Selain menyiapkan TPS ramah disabilitas, KPU Magetan juga melakukan sosialisai pendidikan Pemilu 2019 dengan menggandeng organisasi yang mewadahi para penyandang disabilitas di Magetan.

KPU Magetan juga akan melakukan sosialisas simulasi pencoblosan Pemilu 2019 bagi penyandang disabilitas.

"Rencananya khusus untuk simulasi pencoblosan kami akan mengadakan khusus sosialisasi simulasi pencoblosan bagi kawan-kawan disabilitas. Bukan pakai huruf braile, tetapi pakai fasilitasi plonk,” imbuh Nur Salam.

Saat ini, KPU Kabupaten Magetan mencatat sebanyak 1.014 penyandang disabilitas di Magetan tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT). Jumlah tersebut 0,19 persen dari jumlah DPT Kabupaten Magetan.

https://regional.kompas.com/read/2019/02/20/11441201/pemilu-2019-tps-di-magetan-dipastikan-ramah-disabilitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke