Salin Artikel

Gempa 5,2 Magnitudo Guncang Bolaang Mongondow, Terasa di 6 Daerah di Sulut

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,35 LU dan 125,46 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 104 kilometer arah tenggara Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara pada kedalaman 65 kilometer," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado, Edward Henry Mengko, dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Menurut Edward, gempa bumi yang terjadi tergolong gempa bumi menengah akibat aktivitas Subduksi Sangihe.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan patahan naik (thrust fault)," ujar Edward.

Ia menjelaskan, guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Manado, Kotambagu, Tomohon, Bitung, Minahasa dan Minahasa Utara dalam skala intensitas II MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," terang dia.

Hingga pukul 08.45 WIB, lanjut dia, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi, seperti (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (inatews.bmkg.go.id atau www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

https://regional.kompas.com/read/2019/02/02/09353091/gempa-52-magnitudo-guncang-bolaang-mongondow-terasa-di-6-daerah-di-sulut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke