Salin Artikel

Jelang Imlek, Kelenteng di Palembang Dipasang 1.800 Lampion

PALEMBANG,KOMPAS.com - Sebanyak 1.800 lampion mulai dipasang di Kelenteng Dewi Kwan Im Palembang, Sumatera Selatan, menjelang perayaan Imlek pada Selasa (5/2/2019) mendatang.

Klenteng Dwi Kwan Im sering didatangi ribuan warga Tionghoa pada malam perayaan Imlek dari seluruh kabupaten/kota di Sumatera Selatan. 

Humas Kelenteng Dewi Kwan Im Palembang, Harun mengatakan, tak ada persiapan khusus menjelang perayaan Imlek. Namun, pembersihan patung, pemasangan lampion serta penyiapan kertas ibadah telah dilakukan.

"Lampion ada 1.800 dan telah dipasang, sebenarnya tidak ada persiapan khusus. Kalau pembersihan patung, dan kertas memang sudah tradisi sebelum malam Imlek," kata Harun, Rabu (30/1/2019).

Harun mengatakan, untuk tradisi pelepasan burung pipit atau Fhang Seng pada malam perayaan Imlek juga masih dilakukan. Tradisi itu diyakini untuk membuang sial serta meminta rezeki.

"Ada sebab akibat, jika kita berbuat baik maka ke depan akan ada yang berbuat baik kepada kita,” ujarnya.

Harun mengatakan, perayaan Imlek 2019 dijadikan sebagai rasa syukur warga Tionghoa karena telah diberikan kesempatan di tahun sebelumnya untuk berbuat baik, kemudian diberikan rezeki dan kesehatan.

"Tahun baru Imlek tahun ini diharapkan mampu diberikan kesehatan yang prima, rezeki yang lancar, negara yang aman," harapnya.

https://regional.kompas.com/read/2019/01/30/13025591/jelang-imlek-kelenteng-di-palembang-dipasang-1800-lampion

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke