Salin Artikel

Kebakaran Landa Masjid Agung Belopa Luwu

LUWU, KOMPAS.com - Masjid Agung Belopa Luwu, yang berada di Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, hangus terbakar pada bagian kubah masjid, Selasa (29/1/2019).

Kebakaran terjadi Selasa sekitar pukul 10.55 Wita, di saat para pekerja melakukan renovasi pada bagian plafon masjid.

Dari Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, api mulai muncul pada kubah utama Masjid Agung yang kemudian menjalar ke kubah lainnya.

Menurut salah seorang saksi mata, Ida, awalnya dia menyaksikan asap hitam dari kubah masjid. Lalu tiba-tiba, api sudah terlihat muncul.

“Saya sedang berteduh di bawah pohon di sekitar area masjid, tiba-tiba ada asap hitam tebal muncul dari atas kuba masjid. Saya pun lari berteriak. Beberapa orang tukang yang bekerja di masjid itu berlarian keluar,” kata Ida, Selasa.

Dinas Pemadam Kebakaran Luwu menurunkan 2 unit armada untuk memadamkan kobaran api yang terus membesar. Penyebab kebakaran diduga akibat kelalaian pekerja saat mengelas pada bagian plafon masjid.

“Diduga kebakaran terjadi akibat kelalaian pekerja saat mengelas, tapi itu masih dugaan, nanti setelah pasca-kejadian baru dilakukan olah TKP oleh kepolisian,” kata Sekretaris Dinas Pemadam kebakaran Luwu, Awabim.

Api baru dapat dikuasai setelah pihak Polres Luwu, juga menurunkan kendaraan taktis water canon untuk melakukan pemadaman yang berada di atas ketinggian.

Aparat Kepolisian Polres Luwu mulai melakukan penyelidikan dan memeriksa sejumlah saksi mata yang melihat kejadian itu.

Kapolres Luwu AKBP Dwi Santoso mengatakan, saat ini pihaknya sudah mulai melakukan penyelidikan penyebab kebakaran yang menghanguskan kubah serta plafon masjid.

"Ada beberapa saksi yang kami mintai keterangan. Kami masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran di Masjid Agung," ujar Dwi Santoso, saat meninjau lokasi kebakaran.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Luwu AKP Faizal Syam mengatakan, pihaknya akan melibatkan tim Labfor Polri cabang Makassar, dalam penyelidikan kasus kebakaran tersebut.

"Untuk melakukan penyelidikan penyebab kebakaran kami akan koordinasi dengan tim Labfor Polri cabang Makassar, untuk mengecek langsung ke lokasi kebakaran," ujar Faisal.

https://regional.kompas.com/read/2019/01/29/19571161/kebakaran-landa-masjid-agung-belopa-luwu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke