Salin Artikel

Gempa Tak Berpotensi Tsunami, BMKG Imbau Warga Aru Tidak Panik

Warga di Kepulauan Aru diminta untuk tetap tenang karena gempa yang terjadi tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

“Kami mengimbau warga di Kepulauan Aru agar tidak panik dan tetap tenang, karena gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” imbau Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Ambon, Andi Azhar Rusdin kepada Kompas.com, Sabtu (26/1/2019).

Andi Azhar juga mengingatkan warga di wilayah itu agar tidak terpengaruh dengan berbagai isu yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Kepada semua warga pastikan tetap tenang dan mengikuti informasi resmi dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi baik lewat twitter, website maupun, instragram. Warga juga harus tetap mengikuti arahan dari BPBD,” ungkapnya.

Pasca-gempa di Kepulauan Aru, banyak warga di wilayah itu yang masih merasa khawatir dan takut.

Warga semakin khawatir karena berkembang sejumlah informasi tidak resmi kalau akan ada gempa susulan yang dapat memicu tsunami.

“Kita khawatir dan kita ikhtiar saja jangan sampai bencana benar-benar terjadi. Karena ada informasi kalau akan ada gelombang tinggi, air naik dan sebagainya,” kata Martinus saat dihubungi dari Ambon.

Gempa dengan kekuatan 5,9 magnitudo di Kepulauan Aru sempat membuat kepanikan di masyarakat. Warga yang takut langsung berhamburan dari rumah-rumah mereka ke tempat aman.

Berdasarkan data BMKG Stasiun Ambon, gempa tersebut berpusat pada koordinat 5,51 lintang selatan dan 133,81 bujur timur atau berlokasi di laut dengan jarak 51 km arah barat laut Kota Dobo, Kepualauan Aru pada kedalaman 10 km dibawa permukaan laut.

https://regional.kompas.com/read/2019/01/26/17470381/gempa-tak-berpotensi-tsunami-bmkg-imbau-warga-aru-tidak-panik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke