Salin Artikel

"Medan Kota Terjorok", Karangan Bunga Satire Dikirim untuk Wali Kota

KOMPAS.com – Sebuah karangan bunga dari pengirim tak bernama alias anonim terpasang di halaman Kantor Wali Kota Medan di Jalan Letjen S Parman, Rabu (23/1/2019) kemarin.

Bukan sembarang karangan bunga, karangan bunga itu berisi pesan satire sebagai respons atas predikat Kota Medan yang mendapatkan poin terendah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam Adipura 2018 untuk kategori Kota Metropolitan.

Hal ini pun dengan cepat tersebar luas di media sosial.

Sebagaimana layaknya karangan bunga, papan itu berisi dekorasi dan ucapan selamat. Namun, kalimat yang tertulis di papan berwarna hitam ini  nampak  menggelitik.

"Selamat sukses kepada Wali Kota Medan atas penghargaan kota terjorok bagi Kota Medan tahun 2019. Semoga bapak sehat selalu, sayangi Medan," begitu isi ucapan karangan bunga tersebut.

Dikutip dari Tribunnews.com, tidak diketahui siapa pengirim karangan bunga tersebut. Namun, tidak lama kemudian karangan bunga misterius itu sudah diangkut oleh tim Satpol PP dari halaman kantor.

"Sekitar pukul 10.00 WIB, pagi tadi diangkat naik mobil pick-up," kata salah satu anggota Satpol PP yang bertugas.

Kepala Bagian Humas Pemkot Medan, Ridho Nasution menyatakan belum melihat secara langsung karangan bunga yang dimaksud. Namun, ia menolak kata "Kota Terjorok" seperti dalam tulisan.

"Saya sendiri belum melihat, tapi Medan adalah rumah kita bersama. KLHK juga sudah menyebutkan Medan bukan terkotor, tapi nilainya rendah," ujar Ridho.

Ridho pun menyebut besarnya peran masyarakat yang belum bisa turut menjaga kebersihan lingkungan, sehingga Medan mendapat poin rendah dari kacamata penilaian KLHK.

Aliansi Sayangi Medan, M Yusuf Hanafi mengaku pihaknya yang mengirimkan karangan bunga tersebut. Sindiran ini disampaikan karena ia merasa miris dengan kondisi kebersihan Kota Medan saat ini.

"Kami sangat mengapresiasi predikat tersebut bisa diraih oleh Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin. Meskipun apresiasi ini merupakan kritikan untuk beliau," kata Yusuf.

https://regional.kompas.com/read/2019/01/24/11400481/medan-kota-terjorok-karangan-bunga-satire-dikirim-untuk-wali-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke