Salin Artikel

24 Jam Tak Menyerahkan Diri, Polisi Ancam Tembak Napi Lapas Wamena yang Kabur

Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda mengatakan, tindakan tegas itu akan diambil apabila dalam waktu 1x24 jam para narapidana yang kabur itu tidak menyerahkan diri secara baik-baik.

“Kalau 1 kali 24 jam mereka tidak menyerahkan diri. Maka saya akan perintahkan anggota yang menembak mereka. Tetapi, kalau mereka mau menyerahkan diri baik-baik, tentu kita juga akan bersikap baik,” kata Ananda, yang belum lama ini menjabat Kapolres Jayawijaya itu, Rabu (23/1/2019).

Ia mengungkapkan, seluruh anggotanya kini berada di lapangan untuk membantu pihak lapas dalam pencarian 22 narapidana itu.

“Pasca-kabur, kami berhasil menangkap 5 orang dan kini tersisa 22 orang. Sampai saat ini anggota kami masih terus melakukan pengejaran,” ujar Ananda.

Lima narapidana yang ditangkap yakni Wekiron, ditangkap dan dilumpuhkan dengan timah panas di bagian betis kanan, Yosafat W mendapat luka tembak di bagian betis kanan, kiri dan paha kiri, Anis Hesegem mendapat luka tembak di betis kiri.

“Sedangkan 2 orang narapidana lainnya yakni Lori dan Eliana Matuan, kini mereka telah diserahkan ke Lapas. Untuk yang mendapat luka tembak masih menjalani perawatan medis,” ujar dia.

Ananda berpesan kepada pihak keluarga yang melihat para narapidana yang kabur, untuk meminta agar yang bersangkutan menyerahkan diri atau menghubungi aparat keamanan untuk menangkap mereka.

“Kami minta pihak keluarga juga bisa membantu kami untuk menangkap narapidana yang berhasil kabur dari Lapas Wamena,” ujar dia.

Berikut 22 nama narapidana yang melarikan diri itu:

1. Pator Meklok

2. Heri Marian

3. Rudy Itlay

4. Kinas Wenda

5. Piter Murib

6. Hermet Asso

7. Sadok

8. Roby Asso

9. Rustam Ode Bala (Anca)

10. Badar

11. Abdula

12. Leo Magayang

13. Noverius Uropnabin

14. Kalius K

15. Ondi Sibak

16. Dani Kkogoya

17. Mia Elopere

18. Markus Asso

19. Areki E

20. Yustinus Jigibalom

21. Menang Elopere

22. Mazmur Hisage

https://regional.kompas.com/read/2019/01/23/13023821/24-jam-tak-menyerahkan-diri-polisi-ancam-tembak-napi-lapas-wamena-yang-kabur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke