Salin Artikel

Polisi Gandeng Generasi Milenial Kampanyekan Aman Berkendara

Kegiatan ini guna mencegah dan menekan angka kecelakaan yang kerap terjadi karena tak dipatuhinya aturan lalu lintas oleh para pengendara motor dan mobil.

"Saya berharap dengan deklarasi safety riding bersama komunitas motor dan mobil generasi milenial ini, bisa tersampaikan kepada seluruh generasi muda pentingnya aman berkendara," jelas Wakil Kepala Polres Tasikmalaya Kota Kompol Widi Setiawan di hadapan anggota komunitas.

Widi menambahkan, kecelakaan sekarang ini sudah menjadi penyebab kematian dengan ranking lima disejajarkan bersama beberapa jenis penyakit ganas mematikan. Sehingga, pihaknya menilai sangat penting pendidikan aman berkendara dan mematuhi aturan lalu lintas kepada generasi muda.

"Kecelakaam sudah sejajar dengan penyakit ganas sebagai faktor penyebab kematian. Kecelakaan di Indonesia sudah ranking kelima sebagai penyebab kematian," tambah Widi.

Dengan demikian, deklarasi aman berkendara ini diharapkan sebagai salah satu upaya sukses untuk menularkan cara aman berkendara terhadap anak muda.

Apalagi, anak muda yang baru bisa berkendara motor dan mobil biasanya tak diimbangi oleh pengetahuan aturan lalu lintas di jalan raya.

"Apalagi tadi baru saja terjadi kecelakaan di Tanjakan Gentong yang menewaskan satu keluarga meninggal akibat kecelakaan. Berhati-hatilah berkendara di jalan raya dan patuhi aturan lalu lintas," imbaunya.

Sementara itu, Chinka Putri (22), seorang mahasiswi asal Pangandaran mengaku imbauan aman berkendara oleh kepolisian sangat bermanfaat. Apalagi, ia mengaku baru kali pertama berkendara memakai motor jarak jauh dari Pangandaran ke Kota Tasikmalaya.

"Saya rasa sangat bermanfaat sekali acara tata cara aman berkendara ini. Saya lebih tahu dan berhati-hati saat di jalan. Saya baru pertama lagi naik motor jarak jauh dari Pangandaran ke sini (Kota Tasikmalaya)," ujar Chinka yang juga anggota komunitas Vespa.

Bersama teman-temannya, lanjut Chinka, ia berjanji akan membantu sosialisasi aman berkendara kepada anak muda lainnya. Ia pun berharap kesadaran aman berkendara di jalan raya bagi generasi muda menjadi niat utama saat akan berkendara di jalan raya.

"Begini saja, sadar aman berkendara itu berguna sekali karena buat keselamatan diri sendiri para pengendara. Juga, bagi keselamatan pengendara lainnya saat berada di jalan raya," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2019/01/20/07474411/polisi-gandeng-generasi-milenial-kampanyekan-aman-berkendara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke