Salin Artikel

Gandeng Investor Malaysia, Sumedang Berencana Bangun Sirkuit MotoGP

SUMEDANG, KOMPAS.com -Kabar gembira bagi warga Kabupaten Sumedang. Khususnya para pecinta MotoGP.

Dalam waktu dekat, Pemkab Sumedang berencana membangun sirkuit skala bertaraf internasional.

Sirkuit akan dibangun di lahan seluas 1.527 di pesisir Waduk Jatigede, tepatnya di Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan mengatakan, Pemkab Sumedang telah menjajaki rencana pembangunan sirkuit ini dengan investor asal Malaysia.

"Kami sudah bertemu dengan investor asal Malaysia dari direksi PT Mastika Nuri Indonesia. Mereka tertarik membangun sirkuit MotoGP. Kebetulan Sumedang punya lahan strategis di Kecamatan Jatigede," ujar Wabup Sumedang kepada KOMPAS.com, Rabu (9/1/2019).

Erwan menuturkan, nantinya sirkuit MotoGP Sumedang akan terintegrasi dengan kawasan aero city di wilayah Kecamatan Buahdua, Tomo, Ujungjaya.

Lokasi ini berbatasan langsung dengan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

"Selain sirkuit dan pengembangan kawasan aero city di wilayah perbatasan Kertajati, Majalengka nantinya di lokasi itu juga akan dikembangkan kawasan Kesehatan Phsycal Therapy Rehabilitation Center sebagai penunjang kawasan wisata dan aero city itu," ucapnya.

Erwan menyebutkan, rencana pembangunan sirkuit MotoGP dan kawasan industri di wilayah aero city penyangga BIJB Kertajati ini telah dibahas dalam rapat koordinasi dengan seluruh instansi terkait.

"Saya mendorong agar SKPD terkait fokus pada rencana ini. Sehingga diharapkan, progres dari rencana ini cepat terealisasi. Dengan harapan, seluruh program pembangunan ini ke depan dapat meningkatkan taraf perekonomian dan pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat Sumedang," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2019/01/09/18062481/gandeng-investor-malaysia-sumedang-berencana-bangun-sirkuit-motogp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke