Salin Artikel

Ribuan Warga Ambon Shalat Gaib untuk Korban Tsunami dan Tanah Longsor

AMBON,KOMPAS.com-Ribuan warga di Kota Ambon menggelar shalat gaib untuk mendoakan para korban bencana tsunami di Banten dan Lampung serta para korban bencana tanah longsor di Sukabumi, Jawa Barat.

Shalat gaib yang berlangsung di Masjid Raya Al Fatah Ambon ini dilakukan seusai para jemaah menggelar shalat Jumat di masjid tersebut, Jumat (4/1/2019).

Pantauan Kompas.com, sesaat setelah shalat Jumat selesai digelar, salah satu pengurus Yayasan Al Fatah, Ustaz Rifki Al Hamid langsung mengambil pengeras suara dan mengumumkan kepada para jemaah agar dapat meluangkan waktu untuk mengikuti shalat gaib tersebut.

“Kepada para jemaah mari kita sama-sama melakukan shalat gaib untuk saudara-saudara kita para korban bencana tsunami dan tanah longsor,”ajaknya.

Ajakan itu pun langsung direspon ribuan jemaah yang hadir di masjid tersebut. Mereka kemudian melaksanakan shalat gaib untuk mendoakan para korban bencana tsunami Banten dan Lampung serta para korban tanah Longsor di Sukabumi, Jawa Barat.

Sebelumnya, khatib shalat Jumat, Mohamad Attamimi dalam khotbahnya juga mengingatkan kepada para jemaah agar dapat meningkatkan ketakwaan dan tidak membuat dosa besar yang dapat mendatangkan murka Tuhan.

Menurut Attamimi secara ilmu pengetahuan, berbagai bencana yang terjadi baik tanah longsor, banjir, gempa bumi, badai topan hingga tsunami terjadi karena keadaan alam yang mengalami perbuahan dan dinamikanya.

“Namun, dalam ajaran agama, berbagai bencana itu juga merupakan teguran Allah SWT, agar kita semua dapat mengambil hikmahnya dan dapat berbuat menjalankan perintahnya dan menjauhi seluruh larangannya,”ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2019/01/04/21054061/ribuan-warga-ambon-shalat-gaib-untuk-korban-tsunami-dan-tanah-longsor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke