Salin Artikel

Pemprov Jabar Siap Bantu Relokasi Korban Longsor Sukabumi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat siap membantu proses relokasi warga terdampak longsor di Kampung adat Sinar Resmi, Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, saat ini Pemprov Jabar tengah menunggu kesepakatan warga menentukan titik lokasi untuk kampung baru.

"Mereka itu punya adat di mana punya lahan desa yang tersebar dalam radius 2-3 kilometer. Saya tugaskan kades minggu ini untuk menyampaikan pilihan lokasinya. Setelah tanggap darurat, kami bikin upaya agar merelokasi satu kampung ke tempat baru yang sudah jadi kesepakatan," tutur Ridwan di Bandung, Kamis (3/1/2019).

Pria yang akrab disapa Emil itu tak mengetahui pasti berapa anggaran yang bakal dikeluarkan Pemprov Jabar untuk penanganan bencana longsor di Cisolok.

"Penanganan bencana ada di anggaran tak terduga yang bisa dipakai atas izin Kemendagri seperti membantu Lombok, Palu, di Bogor, apalagi Sukabumi. Sehingga pola emergensi itu berjenjang. Cukup tidak oleh Kabupaten Sukabumi? Kalau tidak cukup maka dana provinsi yang akan turun menggantikan," tuturnya.

"Kalau cukup, alhamdulilah namanya rakyat bisa disentuh oleh tingkat II juga oleh provinsi. Tidak harus sedikit-sedikit ke gubernur, ya ada apa buat bupati wali kota," jelasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2019/01/03/12533291/pemprov-jabar-siap-bantu-relokasi-korban-longsor-sukabumi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke