Salin Artikel

Puting Beliung di Kabupaten Cirebon, 1 Tewas dan Belasan Luka

Hal tersebut diungkapkan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho."Satu orang meninggal dunia," tulis Sutopo dalam keterangan singkatnya.

Peristiwa puting beliung ini terjadi pada Minggu (30/12/2018) sekira pukul 15.30 WIB. Puting beliung terjadi jelang hujan di daerah Cirebon.

Selain memakan korban jiwa dan luka-luka, puting beliung juga merusakan ratusan rumah di wilayah tersebut. "Dampaknya 165 Rumah - 2 Mushola (rusak)," tuturnya.

Pihaknya langsung berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat dan instansi terkait untuk melakukan pendataan wilayah terdampak di sekitar lokasi kejadian. "?Kondisi sebagian listrik mati dan masih dalam perbaikan," ucapnya.

"BPBD dalam hal ini terus menghimbau pada masyarakat apabila terdapat kejadian serupa ataupun lainnya dapat menghubungi call center (0231) 8309887," imbuhnya.

Curah hujan tinggi

Sementara itu, Pusdalops BPBD Jabar Budi Budiman mengatakan, kejadian tersebut diakibatkan tingginya curah hujan sejak siang sampai sore malam hari di Kabupaten Cirebon.

Dampaknya, ratusan rumah mengalami kerusakan, serta satu orang meninggal dan belasan orang luka-luka.

"Satu orang meninggal dunia atas nama Herdi (3), 17 orang luka ringan dan lima korban dirujuk ke rumah sakit," katanya.

Sementara saat ini, katanya, ada sekitar 165 kepala keluarga yang diungsikan ke Masjid Baiturohman. "Kondisinya saat ini masih mati lampu," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2018/12/31/05533541/puting-beliung-di-kabupaten-cirebon-1-tewas-dan-belasan-luka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke