Salin Artikel

KA Galunggung, Perjalanan Bandung-Tasikmalaya 3 Jam 20 Menit

“Ini bisa menjadi transportasi alternatif bagi masyarakat,” ujar Edi seusai peluncuran KA Galunggung di Kiaracondong, Rabu (26/12/2018).

Edi menjelaskan, dengan KA Galunggung, masyarakat hanya membutuhkan waktu perjalanan 3 jam 20 menit dari Bandung (Stasiun Kiaracondong) ke Tasikmalaya.

Kereta berangkat pukul 06.05 WIB dari Kiaracondong dan sampai di Tasikmalaya pukul 09.27 WIB. Sedangkan dari Tasikmalaya kereta berangkat pukul 10.35 WIB dan sampai di Kiaracondong 14.11 WIB.

Kereta akan melalui beberapa stasiun. Dari Kiaracondong akan berhenti di Stasiun Cimekar-Rancaekek-Cicalengka-Nagrek-Leles-Cibatu-Cipeundeuy-Ciawi dan berakhir di Tasikmalaya.

Sedangkan Tasikmalaya-Kiaracondong akan melalui stasiun Rajapolah-Ciawi-Cipeundeuy-Cibatu-Leles-Cicalengka-Rancaekek dan berakhir di Kiaracondong.

“(Dengan kereta) bisa menghindari kemacetan,” ungkapnya.

Selain itu, sambung Edi, kereta ini diluncurkan karena prospek ekonomi Tasikmalaya yang bagus. Di sana terdapat banyak kerajinan sehingga memudahkan warga Tasik ke Bandung.

KA Galunggung memiliki kapasitas 636 tempat duduk. KAI menetapkan kuota tempat duduk 100 persen. Jadi, jika kapasitas tempat duduk penuh, KAI akan menutup layanan “pembelian” tiket KA.

Galunggung sendiri diambil dari nama gunung yang berada di Kabupaten Tasikmalaya. Gunung dengan ketinggian 2.168 m dml (di atas permukaan laut) ini merupakan salah satu gunung berapi aktif yang ada di Jawa Barat.

Terdapat dua objek wisata yang ada di Gunung Galunggung yaitu Kawah Galunggung yang memiliki danau hijau yang indah dan pemandian air panas Galunggung.

Salah satu penumpang, Iis mengaku senang ada kereta Kiaracondong-Tasikmalaya. Selama ini ia selalu menggunakan KA Lodaya jika akan ke Tasik dengan tarif tiket Rp 80.000 untuk eksekutif.

“Kalau naik bus sekitar Rp 45.000 ke Tasik. Saya kerja di Tasik, jadi sering bolak-balik Tasik-Bandung. Alhamdulillah sekarang ada kereta langsung ke Tasik,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2018/12/26/08495521/ka-galunggung-perjalanan-bandung-tasikmalaya-3-jam-20-menit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke