Salin Artikel

Bangun "Sport Center", Banten Miliki Stadion Internasional Pertama pada 2021

SERANG, KOMPAS.com - Provinsi Banten berencana membangun stadion berstandar internasional. Stadion akan dibangun di Sport Center Kota Serang dan ditargetkan selesai pada 2021 mendatang.

Gubernur Banten Wahidin Halim menyebut, ini adalah sport center sekaligus stadion berstandar internasional pertama di Banten. Pemilihan Kota Serang sebagai lokasinya, lantaran strategis dan upaya memajukan Serang yang merupakan ibukota Banten dari ketertinggalan. 

"Masa tiap ada event PON kita selalu jadi penonton, ada event nasional cuma sampai Tangerang saja. Serang jarang disentuh, kami ingin majukan salah satunya dengan bangun sport center ini," kata Wahidin saat ditemui Kompas.com di kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Kota Serang, Rabu (19/12/2018). 

Sport Center Serang akan dibangun di lahan seluas 60 hektar di Kelurahan Kemanisan, Kecamatan Curug, Kota Serang.

Di dalam kawasan tersebut, Wahidin menyebut, ada sejumlah venue yang dibangun yakni stadion berkapasitas 30 ribu seat, lapangan voli, softball, bulutangkis, hingga fasilitas pendukung seperti danau.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Provinsi Banten M Yanuar menyebut, ground breaking rencananya dilakukan pada awal tahun 2019 dengan venue yang pertama dibangun adalah stadion. Pembangunan stadion murni menggunakan APBD provinsi Banten.

"Estimasi biaya keseluruhan sport center yang dibutuhkan sekitar 700 miliar rupiah, kami anggarkan 80 miliar rupiah terlebih dahulu untuk tahun pertama pembangunan stadion," kata Yanuar.

Sementara untuk pembangunan venue-venue lain, kata Yanuar, akan disodorkan pada sejumlah pihak, termasuk ke pemerintah pusat. 

"Nanti kami bikin buku, semacam proposal, Pak Gubernur akan bawa buku itu untuk ditunjukkan, ini lho rencana Sport Center Serang, istilahnya ditawarkan lah," kata dia.

Sport Center Serang ditargetkan akan rampung pada 2021 mendatang, namun diupayakan lebih cepat yakni pada akhir 2020 atau dua tahun pembangunan saja. 

https://regional.kompas.com/read/2018/12/20/10235801/bangun-sport-center-banten-miliki-stadion-internasional-pertama-pada-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke