Salin Artikel

Peneliti UGM Tak Temukan Plastik di Bangkai Penyu, hanya Kulit Ikan Buntal

Mereka bukan melaksanakan otopsi melainkan memeriksa apakah benar terdapat sampah plastik pada penyu dan mengidentifikasi jenis plastik. Apakah pula kondisi Congot bisa mempengaruhi kehidupan satwa, utamanya di laut.

Para peneliti dari Biologi UGM mendatangi kubur penyu di Congot. Mereka membongkar kubur, mengangkat bangkainya, memeriksa secara detil bagian yang masih tersisa, dan memastikan apakah ada plastik dalam bangkai itu.

Setelah tahap pemeriksaan berlangsung hampir 2,5 jam, para peneliti tidak menemukan plastik pada tubuh penyu.

"Setelah dibongkar tidak ketemu plastiknya," kata Donan Satria Yudha, dosen laboratorium Sistematika Hewan Fakultas Biologi, UGM, Senin (17/12/2018).

"Tidak ada (plastik) sama sekali. Kita akan melaporkan ke kepala balai dengan nanti akan kami bandingkan foto dengan yang ditemukan mereka (pemancing). Kalau di sini tidak ketemu plastiknya," kata Donan.

Satu pekan lalu, para pemancing di pinggir pantai menemukan penyu ukuran 40 sentimeter sudah mati dan membusuk. Beberapa bagian sisik dan karapasnya sudah terlepas. Tampak pula plastik keluar dari bagian bawah sekitar perut dan sekitar kaki. Mereka merekam temuan itu dalam foto dan video dan mengunggahnya di media sosial.

Beberapa aktivis World Water Indonesia yang kebetulan ada di sana membantu mengubur bangkai itu. "Ditemukan Minggu (9/12/2018) jam 14.00 dekat menara Congot. Kondisi mati, busuk, banyak cairannya. Ada plastik (bagian bawah)," kata Hary Hermanto, aktivis WWI Kulon Progo, belum lama.

Sepekan kemudian, para peneliti mencoba memastikan ada tidaknya sampah plastik dalam tubuh penyu. Bangkai sejatinya sudah nyaris hancur. Kepalanya bahkan sudah tidak ditemukan. Tetapi upaya memeriksa bangkai tetap berlangsung.

Dalam pemeriksaan itu, Donan memastikan tidak ada plastik di sana. Namun, mereka mendapati kulit transparan berduri dari ikan buntal. Donan pun menduga, kematian penyu ini bisa saja terkait apa yang dimakannya.

"Kita waktu bongkar tadi ketemu kulit ikan buntal. Suspect, tersangka utamanya, (mati) makan ikan buntal," kata Donan.

Karena tak ditemukan plastik, Donan menduga, ada kemungkinan orang salah persepsi tentang plastik dari tubuh penyu. Bisa jadi itu sejenis jaringan tipis yang mirip plastik. "Saya tinggal identifikasi lewat foto," katanya.

Semua memang masih sulit dipastikan. Kondisi bangkai yang sudah sangat rusak, dan hanya foto maupun video yang bisa menjadi alat bukti untuk mengidentifikasi kebenaran akan plastik keluar dari tubuh penyu.

Tidak hanya soal plastik, jenis penyu itu pun tidak bisa segera dipastikan.

"Jenis kemungkinan penyu Lekang. Tapi ada teman (sesama peneliti di Trisik) yang mengatakan itu penyu Hijau. Karenanya kami cari kepalanya untuk identifikasi, tapi tidak ketemu. Baru bisa (identifikasi) lewat foto, besok," kata Donan.

Misteri Ikan Buntal

Kulit ikan berduri diyakini dari ikan buntal. Kulit itu ditemukan dalam tubuh bangkai penyu yang sudah hancur.

Donan menduga, kematian penyu terkait pula dengan ikan buntal ini. Namun yang mengherankan, bagaimana ikan jenis ini dimakan karena sejatinya bukan pakan penyu. Penyu biasanya hanya memakan alga, ganggang, dan bisa juga ubur-ubur.

"Jarang sekali tahu, mereka makan ikan buntal. Tersangka utamanya, (mati) makan ikan buntal" kata Donan.

https://regional.kompas.com/read/2018/12/17/17433131/peneliti-ugm-tak-temukan-plastik-di-bangkai-penyu-hanya-kulit-ikan-buntal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke