Salin Artikel

Sepanjang 2018, 2.000 Bencana Longsor Terjadi di Jawa Tengah


MAGELANG, KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2018, bencana tanah longsor mendominasi terjadi di wilayah Jawa Tengah. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah mencatat ada sekitar 2.000 kejadian longsor di wilayah ini.

"Kejadian longsor diatas 2.000 lebih, trennya longsor meningkat, sedangkan banjir menurun, tapi untuk korban meninggal dunia bisa diminimalkan," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Jawa Tengah, Sarwa Praman, Sabtu (15/12/2018).

Bencana longsor terkini terjadi di Kecamatan Leksono, Kabupaten Wonosobo, Jumat (14/12/2018). Seorang warga luka ringan dan 3 rumah rusak akibat diterjang material longsor.

"Terakhir di Wonosobo, video sudah beredar, masyarakat bisa mengabadikan karena sebelumnya da suara gemuruh mirip pesawat mau take-off. Tapi enggak sadar daya luncur longsor cepat sehingga ada yang terluka," jelas Sarwa.

Masyarakat terus diminta waspada dengan bencana serupa, terlebih hampir sebagian besar wilayah Jawa Tengah berpotensi longsor dan banjir.

Sarwa berujar Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 25 miliar untuk penanganan bencana tahun 2019. Anggaran dalam bentuk Dana Belanja Tidak Terduga (BTT) itu dialokasikan untuk penanganan semua jenis bencana termasuk kebakaran.

"Rinciannya, bisa untuk membantu rumah roboh Rp 15 juta, rusak bera Rp 10 juga, korban meninggal dunia Rp 10 juta, dan luka berat Rp 7,5 juta," katanya.

Menurutnya, angka tersebut meningkat dibanding sebelumnya Rp 15 miliar. Namun, dana BTT selalu fluktuatif menyesuaikan tingkat penanganan bencana.

"Tahun lalu Rp 15. miliar, sempat juga sampai Rp 40 miliar. Kalau BTT nggak bisa mengajukan ke DPRD, kalau ngga bisa lagi BNPB harus turun tangan," jelasnya.

Pihaknya meminta semua unsur birokrasi dan masyarakat untuk ikut sigap terhadap upaya penanganan bencana, termasuk bisa mengidentifikasi bantuan apa yang paling mendesak dibutuhkan oleh korban.

"Paling penting itu kebutuhan dasar korban, jangan mie instan terus. Tapi bisa kebutuhan anak dan ibu, juga pakaian layak," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2018/12/16/08231301/sepanjang-2018-2000-bencana-longsor-terjadi-di-jawa-tengah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke