Salin Artikel

Resmikan Pembangunan Jalan Tol di Aceh, Jokowi Harap Dukungan Semua Pihak

Jalan tol ini merupakan bagian dari pembangunan jalan tol Trans Sumatera.

“Saat pemerintah memulai pembangunan jalan tol Bakauheuni ke Lampung banyak yang menyangsikan akan pembangunan tesebut, tapi kenyataannya, akhir tahun ini rute tol tersebut sudah bisa digunakan, jadi semua perlu dukungan semua pihak,” jelas Joko Widodo sesaat akan meresmikan dimulainya pembangunan ruas jalan tol Banda Aceh-Sigli, Jumat (14/12/2018).

Jokowi berharap, pembangunan jalan tol terus didukung oleh pemerintah daerah terutama dalam proses pembebasan lahan. Sebab, proses pembebasan lahan merupakan kunci cepatnya realisasi pembangunan jalan.

“Pembebasan lahan memang menjadi perdebatan dan itu selalu terjadi disemua tempat dimana akan dibangun jalan, tapi bagaimana pemerintah daerahnya bisa meyakinkan warganya bahwa dengan adanya sarana infrastruktur yang baik, akan bisa meningkatkan ekonomi rakyat,” tegas Jokowi.

Kehadiran sarana jalan yang baik, sebut Jokowi, akan memudahkan investasi di sebuah daerah sehingga bisa memajukan ekonomi masyarakat setempat.

“Kalau kita mau undang investor, namun sarana jalan tidak ada, lalu truk pengangkut mau lewat mana? Mana ada investor yang mau datang. Nah, jadi jika kita memang ingin banyak investor datang, maka pembangunan sarana dan infrastruktur juga harus baik sehingga bisa memudahkan pergerakan ekonomi,” ujar Jokowi.

Pada saat yang sama, Presiden Joko Widodo juga menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya beberapa sarana yang rusak akibat gempa yang mengguncang Kabupaten Pidie Jaya tahun 2016 lalu.

Adapun proyek yang diresmikan penggunaannya adalah bangunan Mesjid at-Taqarub di Trieng Gadeng, Pidie Jaya, sarana belajar Institut Agama Islam Al Aziziyah di Kecamatan Samalanga, Kabupaten Pidie Jaya, jalan flyover dan underpass di Banda Aceh, dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Lhokseumawe.

https://regional.kompas.com/read/2018/12/14/21242461/resmikan-pembangunan-jalan-tol-di-aceh-jokowi-harap-dukungan-semua-pihak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke