Salin Artikel

Kaesang Pangarep Ajak Mahasiswa Berwirausaha: Tidak Harus Dunia Digital, "Offline" Enggak Masalah

"Tidak harus di dunia digital, offline pun enggak masalah. Yang penting orang mau berusaha untuk menjadi wirausaha," ungkap Kaesang, saat menjadi pembicara seminar di UNS Solo, Jawa Tengah, Rabu (12/12/2018).

Kaesang menyebut, banyak tantangan yang harus dihadapi karena sekarang semuanya serba digital.

Semua bisa diakses melalui internet. Sehingga, bisnis yang dibangun harus siap menghadapi perkembangan teknologi.

"Apapun bisa dilihat di online, google, semua bisa. Jadi, kita harus siap dan bisnis yang kita bangun memang harus unik sekali, yang orang lain enggak bisa meniru," ujar dia.

Membangun sebuah usaha atau bisnis memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Bagi Kaesang, semangat untuk membangun usaha dari bawah harus tertanam dalam diri seorang pebisnis.

"Mau modal besar atau kecil, bagi saya itu enggak masalah. Yang penting semangat kita untuk membangun itu dari yang paling kecil, dari minus pun enggak apa-apa. Yang penting ke depannya semakin lebih besar," ucap dia.

Ia berharap, ke depan, semakin banyak mahasiswa yang mau terjun ke dunia usaha. Dia menilai, generasi muda, khususunya di Kota Solo, masih cenderung takut terjun ke dunia usaha.

"Makanya di sini saya pengin lebih banyak lagi pengusaha, khususnya anak muda dari Solo untuk berwirausaha," ujar Kaesang.

https://regional.kompas.com/read/2018/12/12/22250621/kaesang-pangarep-ajak-mahasiswa-berwirausaha-tidak-harus-dunia-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke