Salin Artikel

BERITA POPULER NUSANTARA: Polisi Tersambar Pesawat hingga Sandiaga Kunjungi Buya Syafii

KOMPAS.com - Sebanyak tujuh mayat ditemukan petugas Kepolisian Resort Bengkalis, Riau, di Perairan Selat Malaka.

Dengan alasan lokasi penemuan di perbatasan dengan Malaysia, Polres Bengkalis pun berkoordinasi dengan Polisi Diraja Malaysia.

Selain itu, berita tentang kunjungan Sandiaga Uno ke kediaman Buya Syafii Maarif juga menjadi sorotan. Buya pun menyambut calon presiden nomor urut 2 tersebut dengan hangat.

Berikut ini 5 berita populer Nusantara secara lengkap:

Kepolisian Resort Bengkalis, Riau, berkoordinasi dengan Polisi Diraja Malaysia terkait penemuan tujuh mayat di Perairan Selat Malaka di wilayah Desa Pambang, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Riau.

"Kami berkoordinasi dengan Polisi Diraja Malaysia dan Marine Police (polisi laut Malaysia) untuk menyelidiki tujuh korban meninggal dunia di Perairan Selat Malaka," kata Kasat Reskrim Polres Bengkalis AKP Andri Setiawan pada Kompas.com, Minggu (2/12/2018).

Hal tersebut dilakukan karena posisi ketujuh korban ditemukan di laut perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia.

Apalagi, salah satu korban yang teridentifikasi bernama Mimi Dewi (warga Dumai), berdasarkan keterangan pihak keluarga, korban pergi bekerja ke Malaysia.

"Kami masih mendalami keterangan keluarga korban," ucap Andri.

Penemu dan penggagas teori Bendungan Bernoulli untuk menutup lumpur panas Lapindo Sidoarjo, Djaja Laksana, mengatakan, akan berusaha menghentikan semburan lumpur Lapindo apabila Jokowi menangi pilpres 2019 nanti.

"Di periode kedua nanti, semoga Pak Jokowi berkenan memberi kesempatan saya untuk menghentikan lumpur panas Sidoarjo dengan teori Bernoulli," katanya.

Dosen di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu, tercatat sebagai anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Daerah Jokowi-Ma'ruf Amin Jawa Timur itu yakin, Jokowi akan menang di Pilpres 2019 mendatang.

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno, Minggu (02/12/2018) siang berkunjung ke rumah Mantan Ketua PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif.

Sandiaga Uno tiba di kediaman Syafii Maarif yang akrab disapa Buya di Jalan Halmahera blok D 76 Nogotirto 2 , Trihargo, Gamping, Sleman.

"Selamat siang Buya, maaf mengganggu hari Minggunya," kata Sandiaga Uno saat bertemu dengan Syafii Maarif, Minggu.

Sementara itu, Syafii Maarif yang sudah menunggu di depan rumah menyambut kedatangan Sandiaga Uno.

"Selamat datang anak muda. Iya tidak apa apa," jawab Syafii Maarif. Setelah itu, Buya Syafii Maarif mempersilakan Sandiaga Uno masuk ke dalam ruang tamu. Keduanya lantas melakukan pertemuan secara tertutup.

Usai bertemu dengan Buya Syafii Maarif, Sandiaga Uno rencananya akan menghadiri acara dialog UMKM di daerah Jalan Wonosari, Potorono, Bantul.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menanggapi permintaan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk meningkatkan suara PKB dalam Pileg 2019. Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jabar itu, menyanggupi permintaan tersebut.

Pada prinsipnya, Kang Emil akan membantu partai koalisi yang mengusungnya dalam Pemilihan Gubernur Jabar 2018.

"Siapa pun yang berada dalam koalisi sudah menjadi atensi dan dibantu," ujar Emil di sela-sela PKB Jabar Fest for 2019 di Bandung, Minggu (2/11/2018).

Seperti diketahui, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum didukung 4 partai, yakni PPP, PKB, Hanura, dan Nasdem.

"Kita enggak bicara teknis tapi prinsip. Mereka membantu saya saat pilgub, berjuang bersama. Maka saya akan membantu mereka dalam pileg," imbuhnya.

Mengenai bentuk bantuannya seperti apa, akan ada pembicaraan selanjutnya.

"Yang penting sesuai aturan," imbuhnya.

Brigpol Jackson Ferdinandus, polisi yang bertugas di Bandara Aminggaru Omukia, Kabupaten Puncak, Papua, disambar Pesawat Pelita Air seri C-GNWU pengangkut BBM bersubsidi.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan, insiden ini terjadi pada Sabtu (1/12/2018).

"Ketika pilot pesawat mencoba untuk menaikkan pesawat sambil berbelok ke kanan, kemudian sayap sebelah kanan pesawat menyambar kepala korban," kata Kamal, Minggu (2/12/2018).

Saat itu, korban bersama Aipda Irwan seusai melaksanakan pengamanan pemindahan BBM dari pesawat ke truk pengangkut BBM. Pesawat yang dipiloti Matthew Michael Garnet (53) itu kemudian take off meninggalkan landasan bandara.

Namun, pesawat tiba-tiba mengarah kembali ke landasan dan bermanuver dengan ketinggian hanya sekitar dua meter dari permukaan landasan. Akibatnya, sayap pesawat mengenai kepala korban hingga mengalami luka sobek.

Sumber: KOMPAS.com (Irsul Panca Aditra, Wijaya Kusuma, Reni Susanti, Citra Indriani)

https://regional.kompas.com/read/2018/12/03/05300031/berita-populer-nusantara--polisi-tersambar-pesawat-hingga-sandiaga-kunjungi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke