Salin Artikel

Pembangunan Ruang Tunggu KA Bandara di Stasiun Solo Balapan Baru Capai 10 Persen

"Progresnya saat ini sudah 10 persen. Diharapkan akhir Desember sebelum Nataru (Natal dan Tahun Baru) sudah mencapai 15 persen," ungkap Direktur Proyek Daop 6 Yogyakarta Hariadi di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (1/12/2018).

Ruang tunggu KA Bandara di Stasiun Solo Balapan terdiri dua lantai tersebut akan mampu menampung hingga ratusan penumpang. Pembangunan ruang tunggu KA Bandara menelan anggaran senilai Rp 40 miliar.

"Kapasistas ruang tunggu KA Bandara nanti bisa menampung hingga 200 orang penumpang," katanya.

Selain itu, ruang tunggu KA Bandara akan terhubung secara langsung dengan skybridge. Hal tersebut untuk memudahkan penumpang dari Terminal Tirtonadi menuju Bandara Internasional Adi Soemarmo.

Fasilitas ruang tunggu KA Bandara lanjutnya, juga akan dibangun di kawasan Kadipiro. Ruang tunggu tersebut juga akan dijadikan sebagai stasiun untuk naik-turun penumpang KA Bandara.

Executive Vice President (EVP) Daop 6 Yogyakarta Eko Purwanto mengatakan, pembangunan ruang tunggu KA Bandara di Stasiun Solo Balapan, Solo, Jawa Tengah selesai pada April 2019 mendatang.

"April 2019, untuk ruang tunggu KA Bandara kita targetkan selesai. Nanti juga akan ada lounge khusus untuk penumpang KA Bandara," kata Eko.

Pihaknya telah menyiapkan KA Bandara yang saat ini dioperasikan sebagai KA Solo Ekspres yang melayani rute Stasiun Solo Balapan-Stasiun Kutoarjo (PP).

Kereta jenis KRDE ini terdiri dari empat gerbong dengan kapasitas 393 orang penumpang duduk dan berdiri.

https://regional.kompas.com/read/2018/12/01/09391451/pembangunan-ruang-tunggu-ka-bandara-di-stasiun-solo-balapan-baru-capai-10

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke