Salin Artikel

Kunjungi Perajin Alat Dapur di Banyuwangi, Sandiaga Uno Janjikan Program OK OCE

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 2 Sandiaga Uno menjanjikan program OK OCE kepada pengrajin alat dapur saat berkunjung ke pusat pembuatan alat dapur dari alumunium di Sayangan, Dusun Tegalpakis, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, Selasa (27/11/2018).

Menurut dia, para pengrajin di Sayangan perlu mendapatkan bantuan modal dan pendampingan agar bisa bersaing dengan pabrikan yang memiliki modal lebih besar dan alatnya lebih canggih.

"Tadi ada pengrajin yang mengeluh untuk Jawa, Bali, sedang lesu. Permintaan menurun. Ini harus kita dampingi. Belum lagi jika dollar naik, akan menjadi masalah baru karena harga bahan baku alumunium juga dipengaruhi oleh dollar," kata Sandiaga Uno.

Untuk itu, program OK OCE menurut Sandiaga akan membantu mulai dari permodalan, bahan baku, pasar, dan perlindungan terhadap UMKM termasuk pengrajin di Sayangan.

Ia mengatakan, saat ini ada 50 pengrajin alat dapur dari aluminium di Banyuwangi yang menyerap sekitar 500 tenaga kerja.

Namun, lanjut Sandiaga, masih ada pengrajin yang masih belum bisa membedakan bahan baku yang tahan karat dan tidak, sehingga jika terpilih, dia berjanji akan memberikan pendampingan melalui program OK OCE.

"Tapi saya lihat, perhatian Pemerintah Banyuwangi sudah sangat bagus karena setiap tahun ada festival dandang di sini, sehingga banyak yang mengenal Sayangan. Saya juga pernah mendapatkan suvenir dari sini saat datang ke Banyuwangi beberapa waktu lalu," ujar Sandiaga.

https://regional.kompas.com/read/2018/11/27/12364121/kunjungi-perajin-alat-dapur-di-banyuwangi-sandiaga-uno-janjikan-program-ok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke