Salin Artikel

Curhatnya Usai Lulus Tes SIM Jadi Viral, Polisi Bilang Wisely Patut Menjadi Contoh

Dalam suratnya, Wisely bukan bermaksud melayangkan komplain melainkan sebuah ucapan terima kasih kepada pihak kepolisian, yang telah membimbing dan melatihnya hingga berhasil lulus ujian untuk mendapatkan SIM C.

“Saya terharu dengan apa yang sudah dilakukan oleh Wisely, bahwa semua itu memang butuh proses tidak bisa langsung jadi. Wisely patut menjadi contoh,” ujar Kanit Dikyasa Satlantas Polres Gresik Ipda Darwoyo, Kamis (15/11/2018).

Baca berita sebelumnya: Jadi Viral, Curahan Hati Pemohon SIM di Gresik Usai Dinyatakan Lulus Tes

Wisely sendiri sebelumnya dengan rela belajar dan berlatih untuk bisa mendapatkan SIM C yang diharapkan, setiap sore selama hampir sepekan di halaman kantor Satlantas Polres Gresik di bawah asuhan Aiptu Jailani. Dengan ia akhirnya dinyatakan lulus tes bersama lima pemohon SIM C lainnya, tepat pada saat Hari Pahlawan, 10 November 2018 kemarin.

“Setiap sore kami memang ada sesi berlatih bagi pemohon yang berkenan secara gratis, dengan langsung di bawah arahan Aiptu Jailani, dari mulai pukul 15.30 WIB hingga 17.00 WIB. Ini langkah dari Satlantas, supaya mereka yang ingin lulus ya harus berusaha, jangan pilih gampangnya,” ucap dia.

Ia lantas mengatakan, bila sebenarnya pihak kepolisian tidak ingin mempersulit keinginan pemohon untuk bisa mendapatkan SIM. Hanya saja, aturan harus ditegakkan demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami juga gencar sosialisasi ke sekolah-sekolah, supaya siswa mau memanfaatkan fasilitas yang sudah kami sediakan. Sebab kami juga tidak menginginkan, banyaknya angka kecelakaan lantaran pemohon tidak menguasai dasar-dasar mengemudikan kendaraan. Makanya diadakan tes, dan kami memiliki standar yang harus dipenuhi oleh pemohon bila ingin lulus, dengan itu bisa didapat dengan cara berlatih,” kata dia.

Sebagai manusia biasa, pihak kepolisian juga menyadari bahwa ada juga beberapa dari pemohon SIM yang menginginkan lulus, padahal mereka tidak menguasai dasar-dasar yang ditentukan pada saat tes dilakukan.

“Kami tidak munafik, ada juga pemohon yang ingin jalan pintas dengan menyodorkan sejumlah uang agar bisa lulus, tapi dengan tegas kami tolak. Kalau nggak percaya, silahkan ditanyakan kepada Aiptu Jailani yang biasa melatih dan menguji tes,” terangnya.

Aiptu Jailani yang menjabat Baur SIM Satlantas Polres Gresik, yang sebelumnya mendapat surat ungkapan terima kasih dari Wisely menyatakan, kejadian tersebut juga sempat dialami olehnya pada saat menjalankan tugas.

“Pernah ada. Waktu itu ada pemohon yang ingin diluluskan dalam ujian, ia kemudian menyelipkan sejumlah uang dalam formulir. Tapi tidak saya terima, bahkan saya kemudian laporkan kepada Propam yang saat itu bertugas, kemudian pemohon itu diberi pengarahan oleh Propam,” kenang Jailani.

Sama seperti Darwoyo, Jailani juga berharap, masyarakat dapat sadar dengan apa yang dilakukannya. Yakni, dengan cara berlatih untuk bisa benar-benar menguasai kendaraan yang dikemudikan sehingga dinyatakan lulus pada saat tes.

“Asal bisa menguasai pasti kami luluskan, kalau memang belum bisa ya nggak, makanya belajar dan berlatih dulu. Sebab ini menyangkut nyawa, dengan kecelakaan bisa diminimalisir salah satunya ya dengan kelulusan tes yang memang benar-benar sesuai kemampuan,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2018/11/16/11282241/curhatnya-usai-lulus-tes-sim-jadi-viral-polisi-bilang-wisely-patut-menjadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke