Salin Artikel

Kamis Pagi, Mamasa Kembali Diguncang Dua Gempa Bermagnitudo 5,5 dan 5,0

Berdasarkan laporan pantauan laman BMKG, gempa pertama terjadi pada pukul 06.01 WIB dengan magnitudo 5,5. Pusat gempa 13 kilometer tenggara Mamasa, dengan kedalaman 10 kilometer. 

Sementara gempa kedua bermagnitudo 5,0 terjadi pada pukul 06.31 WIB. Pusat gempa di 12 kilometer timur laut Mamasa dengan kedalaman 10 kilometer. 

Kuatnya gempa serta dangkalnya pusat gempa membuat geratan gempa sangat terasa bagi warga Mamasa. 

Gempa beruntun ini menyebabkan rumah-rumah warga dan fasilitas publik seperti kantor pemerintah dan gereja mamasa rusak dan retak-retak.

Warga Mamasa yang baru semalam kembali ke rumah masing-masing dari pengungsian karena merasa gempa-gempa susulan sudah mereda kembali panik dan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. 

Tampak suasana jalan-jalan di Mamasa pada Kamis pagi tadi diliputi suasana kepanikan. 

Ribuan warga berdiri di pinggir jalan dan area terbuka yang jauh dari gedung tinggi atau tiang listrik karena khawatir tertimpa reruntuhan bangunan.

Warga panik

Menurut cerita saksi mata, para warga kembali berhamburan ke jalan raya menyelamatkan diri dan anak-anak mereka. 

Warga yang panik sampai jatuh bangun berlarian keluar rumah menyelamatkan diri, bahkan ada sejumlah ibu-ibu yang sempat terperosok ke dalam lubang hingga kakinya terkilir. 

Elisabet, salah seorang warga, mengatakan, dirinya lari dengan cepat keluar rumah karena takut tertimpa reruntuhan bangunan saat gempa kembali terjadi. Ia gemetaran sambil berlari menyelamatkan diri dan keluarganya.

“Saya kira tidak ada gempa lagi, ternyata kembali bikin panik. Warga lari kalang kabut mencari ruang terbuka yang jauh dari gedung dan tiang listrik,” ujarnya.  

Rentetan gempa juga membuat panik pengungsi Mamasa yang masih berada di sejumlah tempat, misalnya di Lapangan Bola Mamasa. Mereka juga dilaporkan berhamburan keluar tenda. Saat gempa berkekuatan besar pertama mengguncang, rata-rata pengungsi masih tidur pulas. 

Hingga tulisan ini diturunkan, pemerintah daerah setempat belum melaporkan kondisi terakhir pascagempa. 

https://regional.kompas.com/read/2018/11/15/10250411/kamis-pagi-mamasa-kembali-diguncang-dua-gempa-bermagnitudo-55-dan-50

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke