Salin Artikel

5 BERITA POPULER NUSANTARA: Kebebasan Nuril Terancam hingga Kisah Insiden Bianglala di Yogya

KOMPAS.com - Kebebasan Baiq Nuril terancam hilang usai divonis bersalah oleh MA menjadi sorotan pembaca. Vonis MA tersebut berbeda dengan hasil vonis PN Mataram dalam kasus pelanggaran UU ITE tahun 2017 lalu.

Selain itu, berita tentang video sejumlah perilaku sejumlah siswa di SMK NU 03 Kendal juga menyita perhatian.

Kisah tentang wasiat salah seorang korban Lion Air terhadap calon istrinya mengundang simpati masyarakat.

Berikut ini secara lengkap 5 berita populer Nusantara di Kompas.com.

Baiq Nuril Maknun adalah seorang pegawai honorer bagian Tata Usaha (TU) SMU 7 Mataram. Dirinya hanya bisa menangis saat Mahkamah Agung (MA) mengabulkan kasasi Kejaksaan Tinggi NTB dengan vonis 6 bulan penjara dan denda Rp 500 juta rupiah terhadap dirinya.

Hal itu membuat Nuril harus masuk penjara atas kasus dugaan menyebarkan percakapan asusila Kepala Sekolah SMU 7 Mataram, Muslim, setahun lalu.

“Untuk pak Presiden, saya cuma minta keadilan, karena saya di sini cuma korban. Apa saya salah kalau saya mencoba membela diri saya dengan cara-cara saya sendiri? Saya minta keadilan,” kata Nuril sambil terisak, Senin (12/11/2018).

Video guyonan antara beberapa siswa dan guru SMK NU 03 Kaliwungu Kendal Jawa Tengah yang viral di media sosial, diunggah oleh orang tak dikenal.

Menurut pengambil gambar, AG, siswa kelas X TKR SMK NU 03 Kaliwunggu Kendal, dirinya spontan mengambil gambar lewat handphone. Lalu gambar itu, ia jadikan story di WhatsApp.

“Tahu – tahu ada yang mengunggah di Facebook,” kata AG, Senin (12/11/2018). AG mengaku menyesal dan tidak akan mengulangi perbuatannya itu.

“Sebenarnya kami hanya guyonan,” ujarnya.

Intan Indah Sari (25) mendatangi tempat pakaian pengantin Adiela Organizer di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (11/11/2018).

Ketika itu, sekitar pukul 07.00 WIB, Intan langsung mengenakan kebaya warna putih dengan rok bordiran warna kecoklatan. Dandanan dan riasan pun dilakukan. Tak lupa sekuntum mawar putih menjadi saksi.

"Ini semua wasiat dari calon suami. Bukan melalui mimpi, tapi pesan langsung yang diberikan pada saya sebelum mengalami musibah itu," kenang Intan di Pangkal Pinang, Senin (12/11/2018).

Intan pun menuturkan bahwa dirinya diminta calon suami untuk berdandan cantik serta mengenakan pakaian yang telah dipilih beberapa waktu sebelumnya.

Nurdin (36), pengunjung Pasar Malam Sekaten Yogyakarta, menyaksikan langsung para penumpang bianglala, Minggu (11/11/2018), panik saat kabin mereka miring dan terbalik.

"Tidak tahu mengapa, saya ingin menengok ke belakang. Lalu, melihat ada tiga gerbong dalam keadaan terbalik," ungkap Nurdin saat dihubungi melalui telepon, Minggu malam.

Menurut Nurdin, peristiwa itu terjadi pukul 18.30-18.45 WIB. Saat itu, semua pihak panik dan petugas sudah langsung mengusahakan pertolongan. Nurdin sempat mengabadikan video kejadian saat posisi gerbong yang terbalik.

"Peristiwa terbaliknya ini terjadi dua kali. Pertama seperti di video saya. Lalu, bianglala bergerak ke arah sebaliknya, sudah hampir mendekati tanah, gerbong lain justru terbalik lagi. Ada satu keluarga di dalam gerbong yang terbalik," ungkapnya.

Sejak April 2018 masyarakat Desa Olehsari di Kecamatan Glagah, Banyuwangi, menggelar pasar Jajanan Bengi di gang desa yang berada di kaki Gunung Ijen Banyuwangi.

Pasar Jajanan Bengi tersebut digelar setiap Sabtu malam, atau malam Minggu. Walaupun berjualan kuliner tradisional, perputaran uang di pasar Jajanan Bengi tersebut mencapai lebih dari Rp 40 juta dalam semalam.

"Kami sudah buat komitmen setiap malam minggu harus ada pasar jajanan bengi. Kalo di desa lain kadang malam minggu ini ada, malam minggu besok enggak ada. Hal itu yang terkadang buat orang kapok untuk berkunjung," kata Ansori, Ketua Paguyuban pedagang makanan di Desa Olehsari.

Sumber: KOMPAS.com (Ira Rachmawati, Caroline Damanik, Heru Dahnur, Slamet Priyatin)

https://regional.kompas.com/read/2018/11/13/09043001/5-berita-populer-nusantara-kebebasan-nuril-terancam-hingga-kisah-insiden

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke