Salin Artikel

2 Hari Jokowi di Bandung, Prediksi Menang di Jabar hingga Emak-emak Rela Tahan Lapar

KOMPAS.com - Selama dua hari di Bandung, calon Presiden RI nomor urut 01 Joko Widodo "bergembira", mulai dari blusukan ke pasar hingga konvoi dengan komunitas motor di Kota Bandung, Jawa Barat.

Warga pun antusias menyambut calon presiden petahana ini. Emak-emak dan perempuan muda sejak pagi sudah menanti kedatangannya. Mereka bahkan sampai melewatkan makan siang demi bertemu dengan Jokowi.

Dalam kunjungannya ke Bandung ini, Jokowi juga memprediksikan peluang kemenangannya dengan Ma'ruf Amin di Jawa Barat pada Pemilu 2019.

Berikut ini fakta di balik seputar kunjungan Jokowi di Kota Kembang, Bandung, pada akhir pekan lalu: 

Jokowi optimistis bakal memenangi suara di Jawa Barat pada Pemilihan Presiden 2019. Meski demikian, Jokowi mengaku realistis, tidak akan bisa menang dengan selisih suara besar dari pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Feeling saya di Jawa Barat menang, tetapi tipis," ujar Jokowi saat acara konsolidasi pemenangan pilpres dengan kader parpol pendukungnya se-Jawa Barat di Hotel Arsilia, Bandung, Sabtu (10/11/2018).

Jokowi mengakui bahwa pihaknya belum menggelar survei internal untuk mengukur tingkat elektabilitas di Jawa Barat. Namun, Jokowi melihat pontensi kemenangannya dari sambutan masyarakat yang antusias.

"Saat bersalaman, saya hitung di Jabar ini menang," katanya.

 

Dia mengaku sengaja datang ke Braga untuk melihat Jokowi. Sejak pukul 06.45 WIB, dia sudah meninggalkan rumah.

"Seneng banget, dari kemarin enggak sabar pengen datang ke acara ini," ungkapnya.

 

"Kriminalisasi ulama, ini diangkat-angkat lagi. Pertanyaan saya, yang dikriminalisasi itu ulama yang mana? Siapa?" kata Jokowi saat di Bandung, Sabtu (10/11/2018).

Jokowi menegaskan bahwa hampir setiap hari ia bersilaturahmi dengan ulama dari berbagai daerah. Hampir setiap minggu juga ia keluar masuk pondok pesantren.

"Sekarang (calon) wakil presidennya Prof. KH. Maruf Amin juga sudah top paling atasnya ulama. Ketua MUI. Udah. Ini masih diangkat lagi. Baru seminggu ini, mulai lagi," kata Jokowi.

Jokowi pun meminta para pendukungnya untuk meluruskan isu yang tidak benar. Selain isu kriminalisasi ulama, masih ada sejumlah isu lain yang juga menjadi perhatian Jokowi, seperti isu PKI, antek asing hingga mahalnya harga bahan pokok.

 

Jokowi melakukan blusukan ke Pasar Cihaurgeulis, Bandung, Minggu (11/10/2018) pagi. Dia tiba di pasar itu sekitar pukul 07.25 WIB. Kehadirannya membuat heboh pedagang dan masyarakat yang ada di pasar itu.

Calon presiden nomor urut 01 itu pun sempat berbelanja sejumlah bahan pokok, seperti ayam dan sayur mayur. Bagaimana respons dari pedagang dan warga di pasar tersebut?

Baca selengkapnya: Jokowi Blusukan ke Pasar di Bandung, Disambut Heboh hingga Belanja Ayam

 

Presiden RI Joko Widodo menunggangi motor Kawasaki W175 miliknya yang berwarna hijau dalam touring singkat di Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (11/10/2018). Jokowi memulai perjalanan dari Hotel Aryaduta di Jalan Sumatera dan finis di Jalan Braga.

Dalam konvoi dengan menempuh jarak sekitar 3,2 kilometer, Jokowi ditemani sejumlah komunitas motor di Bandung.

Sepanjang perjalanan, Presiden Jokowi yang mengenakan jaket hitam, celana jins dan sneakers menyapa masyarakat dengan melambaikan tangannya.

Jaket hitam yang dipakainya bertuliskan "Buryamcer" di dada kiri yang merupakan singkatan dari "Bubur Ayam Racer".

 

Jokowi tampil berbeda dengan mengenakan pakaian ala Bung Tomo saat bersepeda di depan Gedung Sate, Bandung, Sabtu (10/11/2018) pagi.

Jokowi juga memilih sepeda ontel tua untuk menggenapi penampilannya itu. Jokowi mengatakan, dia memilih penampilan tersebut karena ingin mengingatkan suasana di saat perjuangan kemerdekaan.

"Ini kan Hari Pahlawan 10 November, jadi suasana di tahun-tahun 1945, di masa-masa perjuangan, suasana itu yang kita munculkan," kata Jokowi kepada wartawan usai gowes sepeda.

"Suasana itu yang kenapa saya pakai pakaian ini," tambah dia.

Baca selengkapnya: Ini Alasan Jokowi Tampil Ala Bung Tomo Saat Gowes Sepeda Hari Pahlawan

 

Sumber: KOMPAS.com (Reni Susanti, Ihsanuddin)

https://regional.kompas.com/read/2018/11/12/17151931/2-hari-jokowi-di-bandung-prediksi-menang-di-jabar-hingga-emak-emak-rela

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke