Salin Artikel

5 Fakta Jaksa Jadi Korban Lion Air JT 610, Belasungkawa dari Antasari Azhar hingga Kenaikan Pangkat

KOMPAS.com - 3 Jaksa dan seorang staf tata usaha Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung menjadi korban kecelakaan pesawat Lion Air JT 610.

Jaksa Agung Muhammad Prasetyo telah memutuskan untuk menaikkan pangkat bagi keempat pegawainya tersebut.

Sementara itu, ucapan duka bagi para korban berdatangan dari banyak pihak, termasuk mantan Ketua KPK, Antazari Azhar.

Berikut ini fakta dari tragedi Lion Air yang merenggut 3 jaksa dan 1 pagawai kejaksaan tersebut.

1. Kenaikan pangkat bagi para korban

Jaksa Agung Muhammad Prasetyo mengatakan, tiga jaksa dan seorang staf tata usaha kejaksaan yang menjadi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 akan mendapat kenaikan pangkat.

Mereka adalah jaksa koordinator pada Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung Andri Wiranofa, Kasi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Pangkal Pinang Dody Junaedi.

Lalu, Jaksa Fungsional Kejaksaan Negeri Bangka Selatan Shandy Johan Ramadhan dan staf Tata Usaha Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung Sastiarta.

"Kita juga akan memberikan kenaikan pangkat Anumerta kepada mereka, karena kan mereka berangkat ke Pangkal Pinang sedang bertugas,” ujar Jaksa Agung Muhammad Prasetyo, di Kantor Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (2/11/2018).

2. Keluarga yang ditinggalkan juga akan dibantu

“Kalau ada hal-hal yang memang memerlukan bantuan dari kita, tentunya jangan segan-segan untuk menyampaikan kepada kita, karena itu sudah jadi tanggung jawab kita," kata Jaksa Agung, Muhammad Prasetyo.

Prasetyo juga menyampaikan bela sungkawa kepada jajarannya yang menjadi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

“Sekarang kita berpikir tentang anak-anak yang ditinggalkan. Mereka itu sudah meninggalkan beberapa orang anak kecil-kecil bahkan Andri Wiranofa malah bersama isterinya (menjadi korban), anaknya ada dua orang perempuan kecil-kecil,” kata Prasetyo.

“Sementara Dody, anaknya ada tiga perempuan, laki-laki, perempuan dan yang satu lagi Sandy (Jaksa Fungsional Kejaksaan Negeri Bangka Selatan Shandy Johan Ramadhan) itu masih satu setengah bulan. Itu menjadi perhatian kita,” kata dia.

3. Para korban merupakan jaksa muda yang penuh dedikasi

Menurut Jaksa Agung, para jaksa yang bertugas di Kejaksaan Kepulauan Bangka Belitung, merupakan jaksa muda yang penuh dedikasi dan punya integritas tinggi.

Ucapan bela sungkawa pun membanjiri Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung. Kasi Penkum Kejati Kepulauan Bangka Belitung Roy Arlan mengatakan, ucapan duka antara lain datang dari Jaksa Agung, para Jaksa Agung Muda, gubernur, PLN, BRI, BNI, Antasari Azhar dan lainnya.

"Ini sebagai ungkapan duka dan empati terhadap empat pegawai kejaksaan yang menjadi korban," kata Roy, di Pangkal Pinang, Jumat (2/11/2018).

4. Doa bersama dan puluhan karangan bunga membanjiri kantor

Pihak Kejati Kepulauan Bangka Belitung telah menggelar doa bersama serta mengunjungi keluarga korban.

Lebih dari dua puluh karangan bunga yang tidak hanya dari kalangan pemerintahan, tetapi juga swasta dan perorangan, membanjiri kantor kejati.

Seperti diketahui, pesawat Lion Air yang ditumpangi pegawai kejaksaan tersebut dijadwalkan tiba di Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang Senin (29/10/2018) sekitar pukul 07.20 WIB.

Namun, saat melintas di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, pesawat mengalami kecelakaan dan jatuh ke laut.

5. Mantan Ketua KPK Antasari Azhar turut belasungkawa

Ucapan duka kepada pegawai Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung datang dari banyak pihak, salah satunya adalah mantan Ketua KPK, Antasari Azhar.

"Ini sebagai ungkapan duka dan empati terhadap empat pegawai kejaksaan yang menjadi korban," kata Kasi Penkum Kejati Kepulauan Bangka Belitung Roy Arlan.

Seperti diketahui, Antasari Azhar juga pernah menjadi pegawai kejaksaan yang merintis karir hingga menjadi ketua KPK.

Antasari juga pernah menjabat kepala Kejati Sumatera Barat. Menurut Roy, ucapan duka bersifat spontanitas yang mulai berdatangan sejak hari kedua musibah.

Empat pegawai kejaksaan yang menjadi korban yakni Andri Wiranofa, Dodi Junaedi, Shandi Johan Ramadhan dan Sastiarta.

Selain itu, turut dalam rombongan istri Andri Wiranofa, Wita Seriani.

Sumber: KOMPAS.com (Heru Dahnur)/Tribunnews

https://regional.kompas.com/read/2018/11/03/19101901/5-fakta-jaksa-jadi-korban-lion-air-jt-610-belasungkawa-dari-antasari-azhar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke