Salin Artikel

Hari 1 dan 2 Tes Seleksi CPNS 2018 Masih Diwarnai Masalah Jaringan Komputer

Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Surakarta Dwi Ariyanto mengatakan, seleksi TKD dibagi menjadi lima sesi dengan jumlah peserta setiap sesinya ada 450 orang.

Tes ini meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Adapun nilai ambang batas TKD CPNS 2018 adalah TWK 75, TIU 80 dan TKP 143.

"Ada 2.250 peserta yang hari ini mengikuti tes SKD," kata Dwi.

Tes penerimaan CPNS di Pemkot Surakarta telah dimulai sejak Sabtu (27/10/2018) dan berakhir Selasa (30/10/2018).

Dia mengatakan, pada tes hari pertama 450 unit komputer yang disiapkan hanya bisa digunakan 400 unit. Sehingga tes yang seharusnya berlangsung lima sesi menjadi enam sesi.

"Sabtu siang ada penambahan sesi karena alatnya (komputer) sedikit terkendala. Tapi jadwal tes hari itu tidak berganti hanya menambah satu sesi," ungkapnya.

Dwi mengatakan, tes hari kedua berjalan sesuai jadwal lima sesi. Begitu pula pelaksanaan tes hari ketiga.

Dia menambahkan, peserta yang mengikuti tes CPNS harus menunjukkan kartu tes dan identitas peserta kepada panitia. Setelah diverifikasi kemudian tanda pengesahan.

"Setelah itu peserta mendapatkan pin untuk akses login ke soalnya," jelasnya.

Dikatakannya, peserta yang mengikuti TKD sudah dikelompokkan sesuai dengan jenjang pendidikan dan formasi yang mereka pilih.

"Setiap peserta diberi waktu 90 menit untuk mengerjakan 100 soal dimulai dari pertama mereka login. Ada pengarahan dan totorial pengisian soal sebelum tes dimulai," kata dia.

Kendala

Koordinator pelaksana CAT SKD BKN Solo Sri Widayanti mengatakan, tes hari pertama dimulai pada Jumat (26/10/2018) sempat mengalami kendala.

Pelaksaan tes yang seharusnya berlangsung tiga sesi menjadi empat sesi. Kemudian pada hari kedua Sabtu (27/10/2018) seharusnya lima sesi menjadi enam sesi.

"Mulai kemarin (Minggu) semuanya sudah lancar lima sesi dan hari ini juga lima sesi. Kendalanya pas hari pertama dan kedua karena jaringan komputernya sempat bermasalah (trouble)," ungkap dia.

Dia mengatakan, jumlah komputer yang disiapkan selama pelaksanaan tes CPNS 2018 ada 480 unit dimana 30 unit komputer sebagai cadangan.

Sri mengatakan, ada sembilan kabupaten/kota di Jateng yang tes CPNS 2018 dipusatkan di Sragen, yaitu kabupaten/kota di eks Karesidenan Surakarta ditambah Blora dan Grobogan.

Salah seorang peserta tes, Siska (23) mengatakan, sempat merasa kesulitan saat mengerjakan soal perhitungan. Selama ini dirinya sudah sibuk dengan pekerjaannya sebagai seorang bidang sehingga tidak bisa belajar lebih banyak.

Dia mengaku ikut mendaftar CPNS 2018 formasi umum bidan di Puskesmas Surakarta.

"Kalau yang lainnya bisa mengerjakan," kata Siska.

https://regional.kompas.com/read/2018/10/29/18493081/hari-1-dan-2-tes-seleksi-cpns-2018-masih-diwarnai-masalah-jaringan-komputer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke