Salin Artikel

Abu Keluarga FX Ong Akan Ditabur di Sungai Musi

PALEMBANG, KOMPA.com - Abu Fransiskus Xaverius (FX) Ong (45) yang bunuh diri setelah membunuh istri beserta dua anaknya, akan ditaburkan di sekitar Pulau Kemaro, perairan Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan.

Abu tersebut rencananya ditabur pihak keluarga mereka pada Sabtu (27/10/2018).

FX Ong dan istrinya Margareth Yentin Lian (43) serta kedua anak mereka, Rafael Fransiskus (18) dan Kathlyn Fransiskus (11), sebelumnya menjalani prosesi kremasi di Krematorium Sampurna TPU Talang Kerikil, Kecamatan Sukarami, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (26/10/2018).

Salah satu keluarga FX Ong yang hadir di sana mengatakan, setelah abu adik dan keponakannya tersebut diambil, selanjutnya akan dibawa untuk ditabur di Sungai Musi dekat Pulau Kemaro.

“Rencananya memang akan ditabur di sana besok,” kata kerabat FX Ong itu.

Proses kremasi dilakukan dua tahap. Pertama FX Ong lebih dulu dibakar bersama putranya, Rafael. Setelah itu baru Margareth dan putri mereka, Kathlyn.

Para keluarga pun tampak hadir mengikuti acara prosesi kremasi tersebut. Tangis keluarga pun pecah saat satu per satu jasad keluarga FX Ong dimasukan ke oven.

"Kremasi ini berlangsung selama empat sampai lima jam. Empat jasad keluarga ini dibagi dua sesi, yakni pagi dan sore. Setelah dikremasi, baru kemudian pendinginan. Abu bisa diambil pihak keluarga besok pagi," ujar Darwis, pengurus yayasan Krematorium Sampurna.

Darwis melanjutkan, dalam prosesi tabur abu itu biasanya pihak keluarga akan menaiki kapal jukung mengarungi Sungai Musi.

“Memang sudah menjadi tradisi bagi sebagian orang, setelah dikremasi ada abunya yang ditabur. Intinya akan ditabur di daratan atau di lokasi yang dekat perairan. Pulau Kemaro itu dikelilingi Sungai Musi," ujar Darwis.

https://regional.kompas.com/read/2018/10/26/21270941/abu-keluarga-fx-ong-akan-ditabur-di-sungai-musi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke