Salin Artikel

Kalyana Anjani Jadi Lulusan Termuda ITB pada Usia 18 Tahun, Ini Rahasianya

BANDUNG, KOMPAS.com - Usianya baru 18 tahun 11 bulan, namun Kalyana Anjani sudah menyelesaikan studinya di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun akademik 2018/2019.

Predikat wisudawati termuda pun melekat pada mahasiswa Program Studi Manajemen di Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB ini. 

Kalyana masuk ITB pada tahun 2015 dan menyelesaikan masa studinya di ITB hanya dalam waktu tiga tahun. 

Gadis kelahiran Jakarta, 28 Oktober 1999 silam, ini bercerita tentang perjalanan singkatnya sekolah melalui jalur akselerasi.

Dia masuk sekolah dasar (SD) pada umur 4 tahun dan mengambil program akselerasi pada jenjang SMA untuk mempercepat waktu tempuh pendidikannya saat itu. Kalyana lalu melanjutkan pendidikannya ke ITB.

Menurut Kalyana, tak mudah menjadi mahasiswa di usia yang sangat belia. Banyak hambatan yang dialaminya, salah satunya soal adaptasi.

Kalyana sempat tidak percaya diri saat melihat kepintaran teman-teman kampusnya yang usianya lebih tua. Menurut dia, umurnya yang terlalu muda adalah kelemahan.

Namun, seiring berjalannya waktu, dia mulai bisa beradaptasi dan mulai menyadari bahwa umur bukan menjadi penghalang untuk terus mengejar mimpi. 

“Serap semua, saring yang butuh. Kalau ada yang ngasih saran atau opini ambil aja dulu, siapa tahu bisa berguna bagi ke depannya. Kalau enggak, ya sudah, enggak ada ruginya kok. Untuk mahasiswa yang terlalu muda seperti aku, pakailah leap time kalian untuk belajar lebih banyak dan menjadi lebih baik,” ungkap Kalya seperti ditayangkan di laman situs resmi ITB, Jumat (19/10/2018).

Kalyana juga mengaku, sempat terkaget-kaget dengan kondisi perkuliahan yang padat. Namun, hal itu tak membuat Kalyana menunda-nunda tugas kuliahnya.

“Aku enggak pernah pulang di atas jam 6 waktu SMP dan SMA. Waktu aku masuk kuliah langsung pulang jam 10 malam. Bahkan, waktu itu aku pernah sakit tipus dan harus diopname dan bedrest selama sebulan. Tapi, aku memohon–mohon ke dokternya biar cuma sebulan diopnamenya dan sisanya rawat jalan biar bisa ikut UAS,” ungkap Kalyana.

Perjuangannya berbuah manis. Kalyana akan resmi menyandang gelar S.Mn pada tanggal 20 Oktober nanti.

https://regional.kompas.com/read/2018/10/20/07092451/kalyana-anjani-jadi-lulusan-termuda-itb-pada-usia-18-tahun-ini-rahasianya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke