Salin Artikel

ICCN dan Gramedia Digital Nusantara Kerja Sama Bangun E-commerce

Kerja sama ini untuk membangun e-commerce yang nantinya akan menjadi media bagi pelaku industri kreatif di Indonesia memasarkan produknya-produknya.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatangan MoU oleh Kelvin Wijaya, Managing Director Gramedia Digital Nusantara dan Sekjen Indonesia Creative Cities Network (ICCN) Arief Budiman.

Penandatanganan ini dilakukan di acara Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) tahun 2018.

"Dari tahapan hulu sampai hilir, sekarang kan semua bergerak dari konvensional ke digital," ujar Sekjen ICCN Arief Budiman saat ditemui Kompas.com, Kamis (18/10/2018). 

Perubahan ke digital ini secara otomatis juga merubah tools berbisnis. Tak hanya itu, pemasaran dan distribusi produk-produk juga berubah dari yang awalnya konvensional menjadi digital.

"Perbaikan kami lakukan secara menyeluruh. Kami prepare untuk menuju era baru digital, seusai dengan tuntutan zaman, karena ke depan pertarunganya seperti itu," tuturnya

Sebagai sebuah institusi, Gramedia Digital Nusantara sangat berpengalaman dalam industri konten digital. Sehingga ICCN menjalin kerja sama dengan Gramedia Digital Nusantara untuk membantu para pelaku industri kreatif Indonesia melangkah ke digital.

"Kami juga sudah punya blue print atau road map, jadi yang ditawarkan oleh Gramedia Digital Nusantara masuk dalam road map kita," ucapnya

Menurutnya lewat kerja sama dengan Gramedia Digital Nusantara diharapkan dapat membantu pelaku industri kreatif di Indonesia untuk bisa mengikuti perkembangan zaman dan bersaing di era digital saat ini.

Sehingga, kebutuhan-kebutuhan pelaku industri kreatif bisa terakomodir lewat kerja sama ini. "Lewat kerja sama ini semoga kebutuhan teman-teman terfasilitasi dan terbantu," katanya.

Tren bisnis online

Sementara itu, Kelvin Wijaya, Managing Director Gramedia Digital Nusantara, mengatakan saat ini perkembangan era digital sudah sangat cepat dan tren bisnis online semakin meningkat.

Kompas Gramedia (KG) dengan infrastruktur dan kapabilitas digital yang dipunyai berkomitmen membantu mengembangkan UKM-UKM di Indonesia untuk bisa bersaing di era digital saat ini.

"Kami benar-benar turun tangan untuk membantu UKM-UKM di Indonesia, supaya kami bisa menanamkan bibit-bibit usaha digital," tuturnya.

Dia menjelaskan saat ini Gramedia Digital Nusantara sedang membuat e-commerce enabler. Gramedia Digital Nusantara menawarkan solusi-solusi bagi perusahan-perusahaan terutama UKM yang masih konvensional agar bisa menjual secara online.

Sehingga mampu bersaing di era digital saat ini.

"ICCN menaungi komunitas kreatif, pengusaha-pengusaha UKM kreatif yang dari seluruh wilayah Indonesia, lewat kerja sama ini, kamni membantu bisnis mereka agar bisa go online atau membangun bisnis online-nya," tuturnya.

Kelvin menyampaikan Gramedia Digital Nusantara tidak hanya hadir menjadi konsultan namun membantu membangunkan bisnis online, mulai dari membuat website, pengelolaan marketplace,  sampai dengan mengatur strategi marketing.

Bahkan Gramedia Digital Nusantara juga akan membantu dalam last mile delivery.

"Kami bangunkan sosial medianya, kami bantu iklannya agar efektif. Warehouse-nya kami (KG Logistik) juga banyak ada 30 di seluruh Indonesia, mungkin awal tahun depan mulai bisa kami tawarkan," tuturnya. 

https://regional.kompas.com/read/2018/10/19/12363801/iccn-dan-gramedia-digital-nusantara-kerja-sama-bangun-e-commerce

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke