Salin Artikel

8 Gerbong Kereta Api Anjlok, Roda dan Onderdil Terhempas Berceceran

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal KA 2709 yang membawa rangkaian 30 gerbong muatan kosong ini.

Namun 8 gerbong di bagian akhir mengalami kerusakan parah setelah keluar dari jalur rel KA dan terseret hampir 500 meter.

Hingga petang, PT KAI masih berupaya mengevakuasi gerbong KA dan mengidentifikasi penyebab anjloknya KA. Adapun KA lain yang melalui jalur tersebut diarahkan ke jalur lain.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto menyampaikan, kereta tersebut melaju dari arah Kalimas menuju Kampung Bandan (Surabaya-Jakarta).

Namun entah mengapa, saat melintas jalur hilir antara Stasiun Sedadi menuju Stasiun Karangjati, delapan gerbong bagian belakang anjlok sekitar pukul 13.30 WIB.

"Atas kejadian ini kami dari pihak PT KAI Daop 4 Semarang mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Saat ini para petugas sedang berusaha menormalkan jalur tersebut," imbuh Suprapto kepada Kompas.com di lokasi kejadian. 

"Penyebab kejadian masih dalam tahap penyelidikan. Akibat kejadian ini, kereta api yang melintas di petak jalan, masih bisa melintas dengan pola operasi berjalan jalur tunggal sementara, " tuturnya. 

Berdasarkan pantauan di lapangan, 8 gerbong KA 2709 yang biasanya mengangkut semen itu mengalami kerusakan parah setelah keluar dari rel.

Bahkan beberapa roda gerbong KA 2709 bagian belakang, terlepas dan terhempas ke beberapa titik lokasi.

Pecahan onderdil kereta seperti skok, roda, dan sebagainya juga berceceran di sekitar jalur rel yang berjarak 500 meter ke belakang dari lokasi gerbong kereta berhenti.

Jauh dari lokasi gerbong KA dievakuasi, terlihat jalur rel yang rusak sepanjang 18 meter. Jalur rel yang semula lurus menjadi berkelok-kelok tak beraturan.

Sejumlah titik rel, patah. Bahkan jalur rel terlepas hingga bengkok dan saling tumpang tindih berpindah tempat.

"Proses evakuasi belum bisa ditentukan kapan rampungnya. Yang pasti tidak ada korban jiwa. Kereta beserta gerbong yang tidak anjlok melanjutkan perjalanan," pungkas Suprapto.

https://regional.kompas.com/read/2018/09/24/21132641/8-gerbong-kereta-api-anjlok-roda-dan-onderdil-terhempas-berceceran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke