Salin Artikel

Kebakaran Karoseri di Temanggung, 10 Bus Ludes Dilalap Api

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Sebuah bengkel karoseri terbakar di Jalan Raya Secang-Temanggung, tepatnya di Desa Pare, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu (15/9/2018).

Sebanyak 10 unit bus ludes dilalap si jago merah akibat peristiwa ini.

Tarjo, saksi mata yang merupakan karyawan karoseri mengungkapkan, api diduga berasal dari pembakaran sampah di halaman belakang karoseri, yang kemudian menyambar beberapa bus di dekatnya.

"Awalnya ada yang membakar sampah di belakang. Tapi, malah ditinggal pergi, tahu-tahu api membesar dan menyambar bus," katanya, Sabtu sore.

Api seketika membesar, asap tebal membumbung tinggi, dan beberapa kali terdengar ledakan yang diduga berasal dari ban bus.

"Bunyi ledakan berasal dari ban bus, karena bannya memang masih terpasang semua," kata dia.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Karyawan dibantu warga ada yang terlihat mendorong sebuah bus yang belum terbakar menjauh dari kobaran api.

Kepala Desa Pare, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung, Supangat mengatakan, musibah ini terjadi pukul 14.00 WIB.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran dari Kabupaten Temanggung, Kota Magelang dan Kabupaten Magelang dikerahkan dan api berhasil dipadamkan sekitar 1 jam.

"Dari keterangan warga, ada seorang karyawan membakar sampah di belakang, kemudian apinya merambat ke bus yang sedang diperbaiki di dalam karoseri itu," ujar dia.

Beruntung api tidak sampai merembet ke rumah warga. Pihak kepolisian setempat masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran ini.

Kebakaran ini sempat menimbulkan kemacetan panjang di depan karoseri yang merupakan jalan utama Magelang-Temanggung-Wonosobo itu. Lalu lintas pun dialihkan ke sejumlah jalur alternatif.

https://regional.kompas.com/read/2018/09/16/07084331/kebakaran-karoseri-di-temanggung-10-bus-ludes-dilalap-api

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke