Salin Artikel

Gajah Indah Turut Bantu Proses Evakuasi Intan ke Pusat Latihan Gajah

PEKANBARU, KOMPAS.com - Seekor gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) jinak bernama Indah dilibatkan dalam proses evakuasi anak gajah liar yang terkena jeratan di Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Riau.

Indah bersama mahot (pawang gajah) menggiring anak gajah Pusat Latihan Gajah (PLG) Riau di Kecamatan Minas untuk pengobatan. Anak gajah yang sakit itu diberi nama Intan.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono mengatakan, seekor anak gajah ditemukan terperangkap pada jeratan babi hutan di sekitar areal konsesi HTI PT RAPP, Kamis (13/9/2018).

"Evakuasi dilakukan oleh tim dengan melibatkan seekor gajah jinak binaan," ucap Suharyono pada Kompas.com, Jumat (14/9/2018).

Dia mengatakan, anak gajah yang terkena jeratan mengalami luka pada kaki depan sebelah kanan.

Tim evakuasi BBKSDA Riau yakni Kepala Bidang Wilayah II Heru Sumantoro bersama petugas medis drh Rini Deswita, drh Danang dan juga turut dibantu dokter hewan drh Andita Septiandini dari Yayasan Arsari serta sejumlah perawat hewan dan polhut.

Setelah dilakukan pengobatan dan perawatan medis, anak gajah tersebut digiring ke dalam truk untuk dievakuasi ke PLG Riau.

Lebih lanjut, Suharyono menjelaskan, anak gajah terkena jeratan berawal dari informasi masyarakat setempat.

"Pada tanggal 23 Agustus 2018 lalu, anak gajah dilaporkan terkena jeratan babi hutan. Pada saat itu, petugas melakukan pengobatan pada kaki depan sebelah kanan," kata Suharyono.

Setelah diobati, anak gajah dilepaskan kembali ke tempat semula, dengan harapan dapat bergabung ke kelompoknya.

"Namun,selama dua minggu dilakukan pengamatan, anak gajah hanya berputar-putar di lokasi semula. Sementara kelompoknya telah berada di lokasi lain dengan perkiraan jarak 57 kilometer dari keberadaan anak gajah yang tertinggal," ungkap Suharyono.

Berdasarkan laporan petugas yang  mengamati, terdapat kecenderungan berat badan anak gajah semakin menurun serta diare yang terlihat dari kotorannya.

Sehingga, petugas khawatir anak gajah semakin memburuk kondisinya.

Oleh karena itu, pihak BBKSDA Riau memutuskan untuk mengevakuasi anak gajah Sumatera liar tersebut.

"Evakuasi berjalan dengan lancar. Kini anak gajah sudah berada di PLG Riau untuk pengobatan lanjutan dan perawatan intensif. Anak gajah kita beri nama Intan," tambah Suharyono.

Dia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada tim yang bekerja keras melakukan proses evakuasi.

https://regional.kompas.com/read/2018/09/14/15315551/gajah-indah-turut-bantu-proses-evakuasi-intan-ke-pusat-latihan-gajah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke