Salin Artikel

Gubernur Kalbar: Tahun Depan Kami Mulai Gratiskan Biaya Pendidikan

"Tahun depan kita akan mulai menggratiskan biaya pendidikan sampai tingkat SMA/SMK negeri," ujar Sutarmidji seusai dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, seperti dilansir dari siaran persnya, Rabu (5/9/2018).

"Kita optimis akan membawa Kalbar baru lebih sejahtera dan masyarakatnya bisa menikmati semuanya," tambah Sutarmidji.

Program pendidikan gratis ini merupakan salah satu wujud realisasi saat dirinya berkampanye pada pemilihan kepala daerah beberapa waktu yang lalu.

Selain pendidikan gratis, Sutarmidji juga akan memokuskan kerjanya pada pembangunan infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan.

Menurut dia, jika program terealisasikan dilakukan maka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) akan terdongkrak naik.

"Kalau itu kita lakukan, IPM kita akan terdongkrak naik," tegasnya.

"Kita bersyukur pelantikan ini dipercepat karena sudah banyak hal yang harus kita kerjakan seperti pencegahan kebakaran lahan, angka kemiskinan yang begitu tinggi, IPM masih di urutan 29," ungkapnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Pemprov Kalbar harus mempersiapkan untuk menyusun APBD 2019 supaya visi misi gubernur dan wakil gubernur terpilih bisa menjawab masalah yang ada di Kalbar.

Sutarmidji yang berpasangan dengan Ria Norsan dilantik Presiden Joko Widodo sebagai pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Pilkada Serentak yang diselenggarakan Juni 2018. 

Sebelum menjabat sebagai Gubernur Kalbar, Sutarmidji pernah menjadi Wakil Wali Kota Pontianak selama 4,5 tahun. Kemudian ia menjabat Wali Kota Pontianak selama dua periode.

https://regional.kompas.com/read/2018/09/05/19271811/gubernur-kalbar-tahun-depan-kami-mulai-gratiskan-biaya-pendidikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke