Salin Artikel

Aries Susanti, Peraih 2 Medali Emas Asian Games, Disambut Ribuan Warga

Warga rela berpanas-panasan, berdiri memenuhi jalan protokol di sepanjang kawasan Kota Purwodadi, Grobogan, untuk memberikan ucapan selamat.

Ayu, sapaan Aries, menginjakkan kaki di Purwodadi, Grobogan sekitar pukul 14.30 WIB. Sebelumnya, Ayu terlebih dahulu menghadiri acara penyambutan di kantor gubernur Jateng. 

Ayu tiba di halaman GOR Simpanglima Purwodadi satu mobil dengan Bupati Grobogan, Sri Sumarni menumpang mobil sedan plat merah dengan nomor polisi K 1 F.

Begitu turun dari mobil, Ayu sudah dinanti banyak orang. Mulai jajaran Pemkab Grobogan, pengurus KONI, para pejabat, hingga kerabat.

Ayu sempat singgah sekitar 30 menit di kantor KONI Grobogan di komplek GOR. 

"Saya sangat terharu sambutan ini sangat luar biasa. Terima kasih juga atas doa dan dukungannya sehingga saya bisa meraih dua medali emas di Asian Games 2018," kata Ayu.

Dari kantor KONI, Ayu diarak keliling wilayah perkotaan. Dalam kesempatan ini, Ayu menumpang mobil jeep bersama Bupati Grobogan, Sri Sumarni, di jok belakang.

Sementara di bagian depan, ada Ketua Umum KONI Grobogan, Fatchur Rachman dan sopir.

Sepanjang perjalanan, Ayu tak henti-hentinya berdiri melambaikan tangannya pada ribuan warga yang menyambutnya di sepanjang rute arak-arakan.

Tak ketinggalan, Ayu juga memamerkan dua medali emas yang baru saja diraihnya dalam kejuaraan olahraga tingkat Asia empat tahunan itu.

"Kami semua bangga dengan prestasimu Mbak Ayu. Selamat sudah berhasil meraih dua medali emas di Asian Games 2018," kata Bupati Grobogan, Sri Sumarni.

Sebelumnya, nama Aries Susanti Rahayu (23) menggema di kancah internasional mengharumkan nama Indonesia.

Gadis asal Desa Taruman, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah itu menjadi peserta tercepat di lomba kategori Speed Climbing Performa pada Kejuaraan Dunia Panjat Tebing-IFSC World Cup 2018 di Chongqing, China.

Ayu, demikian dia disapa, mengalahkan atlet Rusia, Elena Timofeeva, jawara di sejumlah super series panjat tebing. Pada kejuaraan kali ini Ayu bahkan nyaris memecahkan rekor dunia balapan di dinding panjat vertikal.

Sebelumnya, dalam video berdurasi pendek yang viral di media sosial mendokumentasikan detik-detik Ayu saat berlaga. 

Bak Spiderman, Ayu melesat cepat memanjat dinding vertikal setinggi 50 kaki dalam hitungan 7,51 detik. Ayu merayap dinamis nyaris tanpa cacat melawan efek gravitasi mengungguli lawannya.

Kecepatan Ayu mendekati rekor dunia yang pernah ditorehkan atlet Rusia, Iulina Kaplina dengan catatan waktu 7,46 detik. Iulina Kaplina sebagai pemegang rekor dunia juga tampil dalam kejuaraan ini, namun tertinggal di babak penyisihan.

https://regional.kompas.com/read/2018/09/04/22215811/aries-susanti-peraih-2-medali-emas-asian-games-disambut-ribuan-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke