Salin Artikel

8 Jenazah Korban Kecelakaan Pesawat Dimonim Diterbangkan ke Jayapura

Semua jenazah korban diterbangkan menggunakan pesawat Dimonim Air PK-HVI dari Bandara Oksibil ke Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (13/8/2018) siang.

Setibanya di Jayapura, 8 jenazah dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua untuk diotopsi. Saat ini semua jenazah telah berada di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua.

Keberangkatan 8 jenazah sempat tertunda. Pasalnya hingga pukul 09.13 WIT, cuaca di Oksibil berkabut.

Pesawat penjemput jenazah yang diterbangkan dari Bandara Sentani menuju Oksibil pun harus berputar arah dan mendarat di Bandara Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel.

"Pesawat sudah terbang tadi untuk menjemput jenazah dan keluarga korban, tapi pas di atas Oksibil berkabut. Jadi pesawat berputar arah ke Bandara Tanah Merah," kata Presdir PT Marta Buana Abadi, Kapten Vicoas TB Amalo, Senin (13/8/2018).

Setelah diotopsi, semua jenazah akan diserahkan ke pihak keluarga. Pihak maskapai Dimonim memfasilitasi pemulangan jenazah ke kampung halaman mereka masing-masing.

"Setelah diotopsi baru diserahkan ke keluarga," pungkas dia.

Pesawat Dimonim Air PK-HVQ yang hilang kontak di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, ditemukan di Gunung Menuk.

Pesawat tersebut ditemukan Minggu (12/8/2018) sekitar pukul 08.45 WIT dalam keadaan hancur.

Sebelumnya, Pesawat Dimonim Air PK-HVQ, Tipe PAC 750XL milik PT Martha Buana Abadi yang membawa tujuh penumpang hilang kontak di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, Sabtu (11/8/2018).

Pesawat yang dipiloti Kapten Lessie dan Kopilot Wayan Sugiarta bertolak dari Bandara Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel pukul 13.50 WIT menuju Bandara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Sekitar pukul 14.17 WIT, pilot pesawat sempat melakukan komunikasi dengan pihak Tower Bandara Oksibil.

Pesawat seharusnya sudah mendarat di Bandara Oksibil pukul 14.30 WIT. Namun, hingga pukul 15.00 WIT pesawat tak kunjung mendarat.

Dari sembilan orang yang berada dalam pesawat tersebut, hanya Jumaidi yang berhasil selamat.

Jumaidi (12 tahun), telah dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua setelah sempat dirawat di Rumah Sakit Oksibil.

Jumaidi dievakuasi menggunakan Pesawat Dimonim Air PK HVC, Minggu (12/8/2018) dari Bandara Oksibil ke Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura.

Korban selamat :

1. Jumaidi (penumpang)

Korban meninggal dunia :

1. Lessie (Pilot)

2. Wayan Sugiarta (Co Pilot)

3. Sudir Zakana (penumpang)

4. Martina Uropmabin (Penumpang)

5. Hendrikus Kamiw (penumpang)

6. Lidia Kamiw (penumpang)

7. Jamaludin (penumpang)

8. Naimus (penumpang)


https://regional.kompas.com/read/2018/08/13/13103841/8-jenazah-korban-kecelakaan-pesawat-dimonim-diterbangkan-ke-jayapura

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke