Salin Artikel

Ada Kampung Asian Games 2018 di Gresik

Tepatnya di Perum Bhakti Pertiwi (BP) Wetan, yang beralamat di Jalan Panglima Sudirman, Gresik.

Warga RW 06 di Perum BP Wetan sengaja menghias pintu masuk perumahan, dengan pernak-pernik Asian Games 2018 yang dipadukan dengan hiasan dalam rangka menyambut HUT Republik Indonesia (RI) ke-73.

"Konsep awalnya memang menghias kampung seperti biasanya, menjelang perayaan HUT RI," ujar Ketua RW 06 Perum BP Wetan, Eko Pratomo, Kamis (2/8/2018).

"Tapi karena sekarang momennya bersamaan dengan Asian Games di Indonesia, sekalian saja digabung. Hitung-hitung untuk menyambut dan memeriahkan Asian Games 2018 yang bakal dilaksanakan di Jakarta dan Palembang,” tambahnya.

Eko mengaku, pembuatan dekorasi menyambut HUT RI kali ini sengaja dibuat dengan tema Asian Games. Hal ini untuk memberikan kesan berbeda dengan perayaan HUT RI sebelumnya.

Apalagi peringatan HUT RI ke-73 yang jatuh pada 17 Agustus 2018, hanya berselang satu hari dengan pembukaan Asian Games 2018.

“Kami juga ingin memberikan pesan kepada warga, khususnya warga di Perum BP wetan, supaya tahu kalau bakal ada Asian Games 2018 di Agustus ini," tuturnya.

"Supaya kita semua bisa memberikan dukungan untuk atlet Indonesia yang bakal bertanding, sekaligus mendukung kelancaran serta kemeriahan Asian Games di negeri sendiri,” jelasnya.

Dalam beberapa dekorasi yang dipajang, selain pernak-pernik dan bendera sang saka merah-putih, Eko bersama dengan warga lainnya, menempatkan gambar, logo, tulisan, dan maskot Asian Games yakni Bhin-Bhin, Atung, dan Kaka.

“Ini saya bersama dengan warga yang lain, kemarin bergotong royong dalam mendekorasi dan menggambar selama dua hari, Sabtu dan Minggu," ucapnya.

"Kami merasa senang, apalagi Gresik secara tidak langsung juga terwakili, dengan salah satu maskot Asian Games 2018 adalah Rusa Bawean (Atung). Jadi kita sebagai warga Gresik harusnya merasa bangga,” imbuhnya.

Untuk pembiayaan dekorasi, berasal dari iuran warga Perum BP wetan RW 06 secara sukarela. Dekorasi tersebut menghabiskan dana sekitar Rp 7 juta.

Disambut Positif

Bentuk dekorasi paduan peringatan HUT RI ke-73 dan Asian Games 2018 di Perum BP wetan, mendapat sambutan positif dari warga.

Mereka mengapresiasi ide yang dianggap berbeda dengan dekorasi di kampung-kampung lain di Gresik.

“Setahu saya, di Gresik baru lihat desain peringatan HUT RI yang dipadu Asian Games itu di sini. Belum lihat (ada) di tempat lain, atau mungkin di tempat lain belum buat. Bagus, konsepnya juga menarik, berbeda dengan yang lain,” tutur salah seorang warga, Susanto (70).

Tidak hanya Susanto, Umaya, Lurah Sidokumpul, juga mengapresiasi kegiatan warga tersebut yang mendekorasi kampungnya dengan tematik Asian Games 2018.

“Sebagai lurah di sini, tentu saya sangat mengapresiasi dan bangga dengan apa yang sudah dilakukan oleh warga RW 06, yang sekaligus membantu pemerintah dalam memeriahkan serta mensosialisasikan hajatan Asian Games 2018 yang bakal digelar di Jakarta dan Palembang,” kata Umaya.

https://regional.kompas.com/read/2018/08/03/16103041/ada-kampung-asian-games-2018-di-gresik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke